Orang Miskin Bertambah, Jokowi Sindir Penyaluran Rastra Telat

Senin, 24 Juli 2017 - 12:29 WIB
Orang Miskin Bertambah, Jokowi Sindir Penyaluran Rastra Telat
Orang Miskin Bertambah, Jokowi Sindir Penyaluran Rastra Telat
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, bertambahnya jumlah orang miskin di Tanah Air disebabkan karena penyaluran beras sejahtera (rastra) yang terlambat. Dia meyakini, jumlahnya akan turun jika kemarin penyaluran rastra tepat waktu.

Dia meminta, Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani untuk mengoordinasikan penyaluran rastra dengan baik. Sehingga, di kemudian hari tidak terjadi lagi keterlambatan penyaluran rastra.

"Ini sudah urusan koordinasi saja. Sehingga jangan sampai pas pembagian rastranya terlambat, pas itu dilakukan survei. Masalah itu saja sebetulnya, bukan masalah lain-lain yang fundamental," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Menurutnya, penyaluran bantuan sosial seperti rastra sangat sensitif untuk masyarakat tidak mampu. Sedikit saja terlambat, maka dampaknya akan jauh lebih besar.

"Kalau kemarin sinkron (penyaluran rastra), enggak akan (terlambat). Saya jamin pasti turun yang namanya kemiskinan itu. Hanya keterlambatan rastra itu sampai ke rumah tangga sasaran. Ini tolong hati-hati mengelola hal-hal yang sensitif seperti ini," tuturnya.

Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai, langkah pemerintah untuk menekan angka kemiskinan pada dasarnya sudah baik. Hanya saja, semua kementerian dan lembaga (K/L) harus lebih ekstra memberikan perhatian terkait hal tersebut.

"Saya minta semua kementerian, lembaga untuk memberikan perhatian dalam menekan kemiskinan. Ini sebetulnya tahapan-tahapan untuk menuju ke situ sudah baik, sudah baik. Tetapi, pada saat survei oleh BPS, ini BPS juga saya harapkan kalau melakukan sesuatu berkaitan dengan survei, semua kementerian harus ngerti," tutur Jokowi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7336 seconds (0.1#10.140)