Atasi Bau Mulut, Mahasiswa Unsoed Ciptakan Mouthwash dari Daun Pohpohan

Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:19 WIB
loading...
Atasi Bau Mulut, Mahasiswa Unsoed Ciptakan Mouthwash dari Daun Pohpohan
Tim mahasiswa Unsoed yang mengembangkan mouthwash berbahan alami dari esktrak daun pohpohan. Foto/Unsoed.,]
A A A
JAKARTA - Bau mulut (halitosis) merupakan salah satu masalah yang bisa mengganggu kenyamanan individu. Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) pun membuat formula mouthwash alami dari ekstrak daun pohpohan.

Tim mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman (F.MIPA Unsoed) yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Riset Eksakta terdiri dari 4 orang.

Terdiri dari Khanifah sebagai ketua tim, serta anggota tim lainnya yaitu Diffa Erza Eko Farandina, Kurnia Sandi, dan Muhammad Afif Pandya Putra.

Khanifah menjelaskan, bau mulut dapat timbul akibat berbagai faktor, termasuk infeksi bakteri, masalah di rongga mulut, jenis dan ragam makanan yang dikonsumsi, hingga disebabkan karena gangguan sistemik,

Baca juga: Rekam Jejak Pendidikan 9 Hakim Konstitusi, 5 Orang Bergelar Profesor

"Salah satu bakteri penyebab bau mulut yang umum adalah Streptococcus mutans, bakteri Gram-positif yang biasanya berada di plak gigi dan berkontribusi terhadap perkembangan karies gigi,” katanya, dikutip dari laman Unsoed.

Salah satu langkah yang efektif dalam mengatasi bau mulut yang menggangu ini adalah dengan menggunakan mouthwash. Mouthwash merupakan larutan khusus yang dirancang untuk memelihara kesehatan dan kebersihan rongga mulut.

Biasanya mouthwash mengandung berbagai bahan seperti astringen, demulsen, surfaktan, dan bahan antibakteri yang lain untuk menyegarkan napas. Bahan aktif yang bersifat antibakteri dalam formula mouthwash dapat berasal dari senyawa kimia sintetis maupun bahan alami.

Meurut Khanifah, salah satu alternatif bahan alami yang memiliki potensi sebagai bahan aktif dalam mouthwash adalah ekstrak daun pohpohan. Daun pohpohan mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid, tanin, dan alkaloid.

Baca juga: Dukung Piala Dunia U-17, UPH Berikan Kontribusi Rumput Lapangan Sepak Bola

“Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-karsinogenik yang dapat dikembangkan menjadi bahan aktif dalam formula mouthwash untuk melawan infeksi mulut yang disebabkan oleh bakteri S. mutans,” jelasnya.

Melalui inovasi yang diperkenalkan melalui tim PKM-RE ini telah membuat 3 variasi formula sediaan mouthwash yang mengandung ekstrak daun pohpohan dengan perbedaan banyaknya ekstrak yang ditambahkan.

Formula dengan penambahan ekstrak paling banyak memiliki karakteristik warna yang lebih pekat dari pada formula dengan ekstrak sedikit. Selain itu, ketiga formula ini memiliki bau seperti menthol yang berfungsi untuk menyegarkan mulut pada saat berkumur.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)