Bukti Ganjar Pranowo Dekat dengan UMKM, Nomor 2 Inspiratif

Kamis, 12 Oktober 2023 - 16:45 WIB
loading...
Bukti Ganjar Pranowo Dekat dengan UMKM, Nomor 2 Inspiratif
Calon Presiden Ganjar Pranowo dikenal dekat dan akrab dengan beragam lapisan masyarakat termasuk UMKM. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo dikenal dekat dan akrab dengan beragam lapisan masyarakat, dirinya juga telah membangun hubungan yang sangat erat dan bermakna dengan komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Kesadarannya terhadap peran penting UMKM dalam pertumbuhan ekonomi negara dan penciptaan lapangan kerja telah menginspirasi langkah-langkah konkret dalam mendukung perkembangan sektor ini.

Ganjar juga seringkali menunjukkan momen kedekatan dengan para pelaku UMKM di berbagai kesempatan. Berikut ini adalah 3 momen yang menunjukan bukti kedekatan mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut dengan pelaku UMKM.

1. Ketika Ganjar Belajar Bikin Kopi ke Barista

Ganjar Pranowo pernah meresmikan kedai kopi yang diberi nama 'Kafe Kopi Gayeng Ndaleme Eyang' di kawasan Sumber Solo. Hal itu, dilakukannya kala dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut, Ganjar terlihat berpose layaknya seorang barista profesional yang meracik kopi. Dirinya didampingi oleh pemilik kafe, Aditya Rismaya Triwahjuna, dan secara bersama meracik secangkir kopi Lawu menggunakan metode V60 dengan gaya limasan khas Jawa.

Dalam acara tersebut, Ganjar juga menerima kursus singkat tentang kopi dari Adit dan Abi Nesta, seorang barista dari kafe Ensikopidi. Mereka menjelaskan berbagai hal terkait kopi, termasuk jenis kopi, proses roasting, peralatan, dan berbagai cara penyajian kopi.



Ganjar mengaku bahwa ternyata mengolah kopi tidak semudah yang dirinya bayangkan, Ia baru tau ternyata ada berbagai teknik dalam membuat kopi. Calon Presiden 2024 itu juga mengajak masyarakat untuk mengembangkan dan memanfaatkan kopi asal Jateng mengingat saat ini masih belum banyak pengembangan kopi yang menggunakan bahan baku dari Jawa Tengah.

"Ternyata angel ya jebule, ngertiku ya mung tubruk," ujar Ganjar sambil menikmati kopi buatannya.

Ganjar Pranowo juga menyatakan bahwa bisnis UMKM kopi adalah salah satu bentuk ekonomi kreatif yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda untuk terus berinovasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)