Mahalnya Harga Garam, Produksi Ikan Asin di Belawan Menurun

Kamis, 27 Juli 2017 - 03:12 WIB
Mahalnya Harga Garam, Produksi Ikan Asin di Belawan Menurun
Mahalnya Harga Garam, Produksi Ikan Asin di Belawan Menurun
A A A
BELAWAN - Mahalnya harga garam dalam beberapa bulan ini membuat produksi ikan asin di Jalan Pulau Seram Lingkungan VI, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Sumatra Utara menurun tajam.

Muhamad Tabrani, 69 tahun, salah seorang pengusaha produksi ikan asin di daerah pesisir Pantai Belawan ini, menyampaikan sebelum harga garam naik, produksi ikan mencapai 800 kilogram hingga satu ton dalam satu hari.

"Setelah naiknya harga garam, produksi ikan asin menurun, hanya 100 kilogram dan paling banyak 200 kilogram per harinya," katanya, Rabu (26/7/2017).

Sementara harga garam sebelumnya, satu goni isi 50 kilogram Rp50.000. Sekarang harganya dalam satu goni Rp270.000. Menurut pengusaha produksi ikan asin ini, naiknya harga garam ini sudah mencapai enam bulan. Hal yang membuat pengusaha ikan asin di Belawan merasa resah dan bila harga garam tidak turun, para pengusaha produksi ikan asin di daerah pesisir Pantai Belawan akan menutup usahanya.

Tabrani yang sudah memproduksi ikan asin selama 15 tahun, mengatakan ikan asin hasil produksi dari Kelurahan Belawan Bahari dijual ke Seram, Banda Aceh, Pekanbaru dan Batam. Ia pun mengharapkan pemerintah agar harga garam bisa diturunkan kembali seperti harga semula.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1329 seconds (0.1#10.140)