Shopee Hadirkan Serangkaian Program Keren untuk Beri Kesempatan Pegiat UMKM

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 14:54 WIB
loading...
Shopee Hadirkan Serangkaian Program Keren untuk Beri Kesempatan Pegiat UMKM
Monica Kumala, pemilik toko Monica The Label yang terbantu berkat adanya berbagai program untuk UMKM dari Shopee. (Foto: istimewa)
A A A
JAKARTA - Di era digital yang berkembang pesat ini, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal kian dipermudah agar dapat berkembang. Mulai dari akses pada pelatihan, pendampingan, pemasaran produk, hingga solusi untuk bisa ekspor kian terbuka lebar berkat kehadiran platform digital.

Salah satu platform e-commerce yang terus berinvestasi dalam memfasilitasi perluasan pasar untuk UMKM lokal adalah Shopee. E-commerce yang terkenal dengan kampanye tanggal kembar ini terus membantu UMKM lokal melalui ragam program yang konsisten dihadirkan. Misalnya, untuk membawa UMKM go global melalui Program Ekspor Shopee yang diprakarsai sejak tahun 2019 silam.

Di sisi lain, Shopee sadar kalau UMKM lokal juga butuh pendampingan untuk bisa masuk dalam ekonomi digital sehingga Shopee pun membangun Kampus UMKM Shopee yang tersebar di 10 kota termasuk Solo, Bandung, Medan, Jakarta, Malang, Bali, Samarinda, serta Yogyakarta. Tidak tanggung-tanggung, di setiap kampus disediakan pelatihan gratis serta berbagai fasilitas pendukung penjualan seperti studio foto dan studio live streaming.

Kampus UMKM Shopee menjadi tempat pelatihan dan pendampingan dengan fasilitas gratis yang bisa dipakai oleh setiap UMKM. Tidak heran, dalam 2 tahun terakhir, jumlah UMKM terlatih di Kampus UMKM Shopee meningkat hingga dua kali lipat mencapai puluhan ribu UMKM. Puluhan ribu produk UMKM juga berhasil menembus pasar ekspor setelah mengikuti pelatihan di Kampus UMKM ini.

Bulan lalu, Shopee juga menginisiasikan sebuah program yang bertajuk 'Gerakan Ekspor Serentak di 10 Kota'. Program ini bertujuan untuk melatih 1000 UMKM lokal untuk bisa memahami seluk beluk penjualan online hingga bagaimana mereka bisa mengekspor produknya dengan cara yang sangat mudah.

Selain itu, untuk memastikan kapasitasnya dalam membantu pemasaran produk UMKM, Shopee juga meresmikan Gudang Ekspor yang terletak di Jakarta Barat. Gudang yang juga diresmikan oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan ini setiap harinya mampu memproses puluhan ribu produk UMKM yang akan diberangkatkan ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Lantas bagaimana prospek bisnis online setelah investasi jor-joran yang dilakukan oleh Shopee untuk UMKM? Cerita dari wanita muda asal Solo ini bisa jadi jawabannya. Monica Kumala, seorang perempuan berusia 25 tahun ini sukses menapaki bisnis jalur online dengan membuka toko 'Monica The Label'. Tidak hanya mendulang omzet ratusan juta rupiah dari bisnisnya, Monica juga berhasil menjual produknya hingga mancanegara.

Shopee Hadirkan Serangkaian Program Keren untuk Beri Kesempatan Pegiat UMKM

Monica, pemilik toko 'Kumala The Label' (Foto: istimewa)

Kisah Monica bermula sejak ia masih duduk di bangku SMA. Kala itu, remaja yang bersekolah di Surakarta ini menjajakan dagangan berupa baju muslim dan hijab, melalui ponselnya dengan metode broadcast message. Di tahun 2017, Monica pun mengalihkan bisnisnya dengan menjual makanan kekinian saat itu yakni Bakso Aci. Sayangnya, setelah kurang lebih dua tahun beroperasi, Monica harus menutup usaha kulinernya karena terdampak pandemi.

“Waktu pandemi itu saya habis-habisan mas. Bukan hanya omzet berkurang, saya juga rugi sampai tidak bisa lagi bayar sewa warung bakso sampai akhirnya saya tutup. Kebetulan masih ada sisa-sisa penghasilan dari bakso aci, dari situ saya mulai riset dan akhirnya bulan Juli tahun 2021 bikin produk baju-baju basic untuk wanita untuk bahan jualan Monica The Label di Shopee,”ujar Monica.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)