alexa snippet

Menteri Eko Berencana Intensifkan Forum Desa

Menteri Eko Berencana Intensifkan Forum Desa
Pemerintah akan intensif mengembangkan forum bisnis, guna memasarkan produk desa yang mempertemukan kepala daerah, perusahaan, perbankan dan kementerian. Foto/SINDO Photo
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah akan intensif mengembangkan forum bisnis, guna memasarkan produk desa. Forum ini bakal mengundang langsung para kepala daerah, perusahaan, perbankan dan kementerian. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo mengatakan, dirinya secara rutin telah menginisiasi adanya forum bisnis yang mempertemukan kepala daerah, perbankan, dan kementerian/lembaga terkait.

"Dalam setiap forum bisnis, kita panggil sejumlah Bupati dan pertemukan langsung dengan sejumlah pihak dari perusahaan, perbankan dan kementerian. Kita minta produk unggulannya apa dan kita tawarkan kepada pihak terkait. Ini merupakan solusi yang konkret dalam pengembangan Prukades," katanya saat membuka Expo Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) 2017.

Selain dengan forum bisnis, kata dia, pihaknya juga menggelar expo sebagai sarana promosi produk untuk menarik minat para investor dalam dan luar negeri agar berinvetasi di pedesaan. Expo Prukades 2017 yang digelar hingga 30 Juli tersebut terdiri dari serangkaian kegiatan, di antaranya yakni pameran Prukades oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, talkshow membahas pengembangan Prukades, dan berbagai pameran produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sejumlah produk olahan yang dipamerkan di antaranya yakni produk pertanian, perikanan, peternakan, pakaian, dan kerajinan tangan. Dirinya meyakini, dengan menyediakan saluran promosi serta penjualan, Prukades dapat bersaing dengan produk-produk di pasaran. Dengan demikian, pendapatan masyarakat desa pun meningkat.

Prukades merupakan salah satu dari empat program prioritas tahun 2017 Kemendes PDTT. Tiga program unggulan lainnya adalah mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membangun embung, dan membangun sarana olahraga desa. Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri (INMEN) nomor 1 tahun 2017 tentang kegiatan prioritas kementerian.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top