6 Bukti Nyata Ganjar Pranowo Serius Kembangkan UMKM

Minggu, 15 Oktober 2023 - 15:58 WIB
loading...
6 Bukti Nyata Ganjar Pranowo Serius Kembangkan UMKM
Calon Presiden Ganjar Pranowo dikenal dekat dan akrab dengan UMKM. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo telah menyatakan tekadnya untuk mempromosikan pertumbuhan dan peningkatan tingkat UMKM dengan tujuan agar mereka dapat bersaing secara efektif di skala internasional.

Menurutnya, pengusaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM ) di Indonesia menunjukkan tingkat kreativitas dan inovasi yang tinggi. Hal ini tercermin dari kemunculan beragam desain dan bentuk terbaru dalam produk kerajinan tangan yang dipamerkan dalam acara tersebut.

Sosok yang pernah menduduki jabatan sebagai Gubernur di Jawa Tengah tersebut menyampaikan bahwa ia merasa terinspirasi oleh inovasi yang diperlihatkan oleh pelaku UMKM, dan ini menjadi motivasinya untuk mendorong perkembangan dan peningkatan tingkat UMKM.

Ganjar sendiri telah menerapkan banyak program yang mendukung UMKM agar dapat semakin berkembang, program tersebut di antaranya:

1. Peyediaan Akses Kredit Murah dan Bunga Rendah untuk Membuka Usaha

Pada tahun 2021, Ganjar Pranowo mengawali program Kredit Lapak Bank Jateng yang menawarkan suku bunga rendah sebesar 2 persen. "Program kredit ini difokuskan untuk para pedagang pasar tradisional, dengan batas maksimal pinjaman sebesar 2 juta rupiah dan suku bunga hanya 2 persen per tahun," ujar Ganjar saat memperkenalkan program tersebut pada tahun 2021.

Lebih awal, pada tahun 2017 saat menjabat sebagai Gubernur, Ganjar memimpin inisiatif program Kredit Mitra Jateng (KMJ) 25, yang menawarkan kredit tanpa jaminan fisik dengan suku bunga yang rendah sebesar 7 persen. Ini merupakan langkah inovatif yang signifikan karena berhasil mengurangi suku bunga dari 12 persen menjadi 7 persen, yang pada gilirannya membantu mengurangi beban para peminjam.

2. Lapak Ganjar

Program lapak Ganjar dimulai dari inisiatif Ganjar untuk memberikan dukungan kepada produk-produk UMKM selama pandemi Covid-19. Dalam kerangka program ini, Ganjar membantu UMKM dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Selain itu, Ganjar menggunakan akun Instagram pribadinya yang memiliki 6,1 juta pengikut sebagai platform periklanan gratis bagi pelaku UMKM. Kesuksesan lapak Ganjar menarik minat dari pelaku UMKM di berbagai daerah, sehingga saat ini lapak Ganjar telah membuka peluang bagi UMKM dari seluruh Indonesia. Dalam rentang waktu 2020 hingga 2023, lapak Ganjar telah memberikan dukungan endorse kepada 3.365 UMKM, sementara permintaan endorse yang diterima mencapai angka 3.572.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)