Timur Tengah Memanas, Investasi Berisiko Rendah Jadi Pilihan

Senin, 16 Oktober 2023 - 23:00 WIB
loading...
Timur Tengah Memanas, Investasi Berisiko Rendah Jadi Pilihan
Pasar saham dinilai memiliki risiko lebih besar terkait konflik di Timur Tengah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Memanasnya kondisi geopolitik di Timur Tengah karena konflik antara Hamas dengan Israel disebut menjadi salah satu sentimen bagi para investor untuk memilih instrumen investasi yang memiliki risiko lebih rendah. Kondisi global, utamanya yang terjadi di Timur Tengah saat ini menjadikan investasi saham memiliki risiko lebih besar.



“Tampaknya untuk investor sendiri akan cenderung untuk memilih investasi yang cenderung risikonya lebih rendah, dibandingkan dengan saham yang investasi dengan resikonya yang lebih besar,” kata Senior Research Analyst MNC Sekuritas, T. Herditya Wicaksana, dalam 2nd Session Closing IDX Channel pada Senin (16/10/2023).

Selain itu, kenaikan harga emas dan obligasi juga menjadi sentimen pendorong para investor memilih instrumen investasi tersebut. Meski demikian, kinerja saham emiten akan turut terdorong oleh rilisnya kinerja keuangan perusahaan di kuartal III tahun ini.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) sendiri disebut masih berpotensi mengalami penguatan dalam jangka waktu pendek. Ia melihat masih adanya potensi atau peluang untuk IHSG menguat, paling tidak untuk menguji terlebih dahulu di level 6.915-6.930.

Herditya merekomendasikan empat saham pilihan yang bisa dicermati oleh investor, yakni PT Elnusa Tbk (ELSA) dengan rekomendasi buy on weakness di rentang Rp396-Rp428. Kemudian, buy on weakness pada saham PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) di rentang harga Rp185-Rp208.



Selanjutnya, ia merekomendasikan buy on weakness pada saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) di rentang harga Rp1.360-Rp1.420. Serta, buy on weakness pada saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) di rentang harga Rp2.690-Rp2.840.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)