Data Perdagangan China Bulan Juli Lebih Rendah dari Perkiraan

Selasa, 08 Agustus 2017 - 20:49 WIB
Data Perdagangan China Bulan Juli Lebih Rendah dari Perkiraan
Data Perdagangan China Bulan Juli Lebih Rendah dari Perkiraan
A A A
BEIJING - Pemerintah China pada Selasa (8/8/2017) melansir data perdagangan bulan Juli, dimana ekspor naik 7,2% dalam dolar dan impor bertambah 11,0% dalam kurs dolar AS. Secara yuan, ekspor Juli naik 11,2% dan impor naik 14,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2016.

Meski demikian, pertumbuhan tersebut lebih rendah dari perkiraan. Para analis yang disurvei Reuters memperkirakan ekspor China pada Juli bakal meningkat 10,9% dalam dolar dibanding periode yang sama tahun lalu. Dan impor diprediksi meningkat 16,6% dalam dolar.

Mengutip dari CNBC, Selasa ini, hasil bulan Juli kemarin lebih rendah dibanding Juni 2017, dimana China melaporkan kenaikan impor sebesar 17,2% dan ekspor bertambah 11,3% dalam dolar.

Ekonom Capital Economics China, Julian Evans-Pritchard mengatakan penurunan tersebut disebabkan oleh harga yang negatif dan inflasi. "Pertumbuhan perdagangan sekarang tampaknya berada pada tren menurun," katanya.

Meski terjadi perlambatan, namun neraca perdagangan China masih mencatat surplus dengan Amerika Serikat. Data menyebut neraca perdagangan China pada Juli mencapai USD46,74 miliar, dimana mereka mencatat surplus terhadap Negeri Paman Sam sebesar USD25,2 miliar. Perdagangan kedua negara kini sedang tegang karena persaingan praktik perdagangan.

Sebulan sebelumnya, data kepabeanan China melansir bahwa Negeri Tirai Bambu membukukan surplus USD25,4 miliar dengan Amerika Serikat. Namun sikap China yang tidak bisa keras terhadap Korea Utara, membuat AS kembali meradang.

Kini, para pengamat pasar sedang mencermati ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut, menjelang pertemuan Partai Komunis di musim gugur tahun ini.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7579 seconds (0.1#10.140)