alexa snippet

5 Langkah Mudah Gunakan Manfaat Company Reviews dalam Lamaran Anda

5 Langkah Mudah Gunakan Manfaat Company Reviews dalam Lamaran Anda
Ulasan perusahaan bisa menjadi cara terbaik untuk masuk ke dalam lingkup perusahaan. Foto/Istimewa
A+ A-
Ulasan perusahaan yang benar-benar diberikan oleh karyawannya dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi mereka yang mempertimbangkan untuk bekerja di perusahaan tersebut, atau yang sedang mempersiapkan wawancara yang akan datang.

Tapi seberapa objektifkah ulasan tersebut, dan sebesar apakah ulasan tersebut dapat dipercaya? Penting untuk diingat bahwa pengalaman seseorang dengan perusahaan terbentuk dari hubungan orang tersebut dengan atasan langsung dan rekan kerjanya, sama halnya seperti manajemen dan kultur perusahaan.

Departemen yang berbeda mungkin memiliki atmosfir kerja yang berbeda juga, tergantung pada apa yang dikerjakan oleh departemen tersebut. Anda tidak mengharapkan Departemen Akuntansi menjadi dinamis dan semarak seperti Departemen Pemasaran, bukan? Ada banyak faktor yang mempengaruhi perasaan kita terhadap pekerjaan dan atasan kita.
 
Merupakan hal yang penting untuk selalu melihat secara menyeluruh. Dengan mengingat hal tersebut, berikut adalah 5 tips terbaik untuk menganalisis ulasan perusahaan, yang dikutip dari JobStreet.com:

Lihat rating dan jumlah ulasan
Sepintas, rating mungkin tampak seperti faktor yang paling penting untuk diperhatikan dalam sebuah ulasan, namun ingat bahwa rating adalah nilai rata-rata berdasarkan jumlah ulasan yang dibuat. Semakin besar ukuran sampel, semakin reflektif ratingnya.

Misalnya, peringkat 5 berdasarkan 5 ulasan tidak bisa dijadikan acuan. Bisa jadi mereka adalah sekelompok karyawan yang sangat tidak puas dengan pekerjaannya (Anda akan selalu menemukan orang-orang yang tidak bahagia di mana-mana, bahkan di perusahaan terbaik di dunia sekalipun).

Gali secara mendalam
Perhatikan baik-baik komentar dan umpan balik terutama pada aspek-aspek yang paling penting bagi Anda, misalnya tentang kompensasi finansial, kultur pekerjaan, kepemimpinan, persamaan, pengembangan karir, keseimbangan kehidupan kerja, atau hal lainnya. Perhatikan pula jabatan dan departemen karyawan yang memberi ulasan. Hal ini memungkinkan Anda untuk membandingkan umpan balik dari mereka. 

Apakah mereka berasal dari departemen yang sama? Apakah para manajer lebih bahagia daripada staf biasa? Dengan mempertimbangkan semua ini, anda akan mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh tentang apa yang sedang terjadi di dalam organisasi.

Perhatikan komentar yang sedang trending
Jika Anda menemukan sejumlah ulasan yang memiliki komentar yang mirip, seperti "jam kerja yang panjang", "keterlambatan pembayaran gaji", dan lain-lain, Anda mungkin ingin membuat catatan tentang hal ini.

Ingat, tidak ada asap tanpa api. Begitu pula jika sebagian besar pengulas memberikan pujian atas kepemimpinan dan budaya kerja yang inspiratif. Semakin anda tahu tentang perusahaan, semakin siap anda untuk menjalani proses wawancara.

Gunakan ulasan untuk menjawab pertanyaan wawancara Anda
Pertama, ini dapat menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda telah bersikap cerdas. Kedua, ini menunjukkan antusiasme Anda untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan. Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan sulit, seperti "Saya perhatikan di perusahaan anda bahwa beberapa karyawan prihatin dengan kurangnya kesempatan pengembangan karir mereka.

Apakah anda keberatan untuk menceritakan bagaimana hal ini bisa terjadi? Hal ini merupakan cara yang bagus untuk memverifikasi keakuratan komentar tersebut, dan juga mendapatkan klarifikasi dari perusahaan mengenai masalah ini.
 
Simpan penilaian Anda
Walaupun mungkin sangat meyakinkan, ingatlah bahwa ulasan tersebut hanya salah satu sumber informasi. Hal ini tidak mewakili gambaran yang lengkap. Selalu cari verifikasi dari sumber informasi lainnya. Individu yang berbeda memiliki prioritas dan perspektif yang berbeda pula. Merupakan hal yang baik jika Anda dapat menyimpan penilaian anda sebelum mendapatkan bukti yang kuat.
 
Ulasan perusahaan bisa menjadi cara terbaik untuk masuk ke dalam lingkup perusahaan, namun penting untuk memperhitungkan variabel yang dapat mempengaruhi rating ulasan tersebut. Konteks dapat membuat perbedaan yang sangat besar.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top