alexa snippet

Darmin Cerita Sudah Kenal Saham sejak SMP

Darmin Cerita Sudah Kenal Saham sejak SMP
Menko Perekonomian Darmin Nasution bercerita dirinya sudah mengenal saham sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution bercerita dirinya sudah mengenal saham sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Padahal saat itu tempat tinggal Darmin masih berupa perkampungan.

Darmin mengenal saham ketika mulai ngekos. Di sana, sang pemilik merupakan pengusaha layar bioskop di kecamatan.

"Saya mau sampaikan satu hal, saya tiba-tiba teringat dulu SD di kampung sangat kampung, tak ada di peta, saya lihat gunung dekat kampung saya ada di Google, tapi kampung saya enggak. Lalu, SMP saya kos di kota kecamatan, tempat saya kos itu yang punya pemegang saham dari bisokop di kota kecamatan itu, hebat, ada warkatnya saya lihat," ujarnya di Jakarta, Minggu (13/8/2017).

(Baca: Banteng Wulung Jadi Simbol Bursa Efek Indonesia)

Ngekos di sang pemilik bioskop, Darmin mengaku mendapat keuntungan tersendiri. Keuntungan tersebut tak lain dirinya bisa nonton bioskop seminggu sekali.

"Karena tempat saya kos pemegang saham bioskop, saya nonton sekali seminggu gratis, yang mau saya sampaikan tahun 1950-an di pedalaman Sumatera dan sudah 72 tahun merdeka kok bisa ada proyek kecil dibiayai dengan saham-saham yang dikumpulkan dari banyak pihak," katanya.

Waktu itu, Darmin masih buta soal pasar saham. Misalnya seperti proses, underwriter, namun sekarang soalnya bukan itu tapi mendorong perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Saya enggak tahu mekanismenya apa harus ada underwriter, tapi tantangan utama bagaimana menciptakan produk baru itu hebat. Namun, kalau bisa mengerahkan mobilisasi perusahaan besar menengah kecil," pungkasnya.



(dmd)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top