15 Contoh Teks Ceramah Singkat Lengkap dengan Pengertian dan Struktur

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 17:27 WIB
loading...
15 Contoh Teks Ceramah Singkat Lengkap dengan Pengertian dan Struktur
Teks ceramah bersifat umum dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tertentu dengan harapan menambah wawasan untuk pendengarnya. Foto/Storyset/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks ceramah tentu berbeda dengan pidato. Dalam pidato biasanya bersifat mengajak dan menumbuhkan motivasi untuk para pendengarnya. Sedangkan Teks ceramah bersifat umum dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tertentu dengan harapan menambah wawasan untuk pendengarnya.

Teks ceramah memiliki dua jenis, ada Teks ceramah umum dan Teks ceramah khusus. Dalam Teks ceramah umum biasanya informasi yang disampaikan bersifat menyeluruh dan tidak ada batas audiens, sedangkan Teks ceramah khusus memiliki batasan audiens serta materi yang disampaikan lebih menyesuaikan audiens tersebut.

Pengertian Teks Ceramah


Teks ceramah merupakan teks yang disusun atas beberapa paragraf. Teks ceramah berisi informasi yang ditujukan untuk masyarakat luas dengan harapan menambah wawasan masyarakat agar masyarakat tergerak untuk melakukan suatu hal tertentu.

Biasanya, teks ceramah mengacu pada kegiatan keagamaan seperti menyebarkan ajaran agama atau syiar. Selain bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak, teks ceramah memiliki tujuan lain seperti mengajak pendengar untuk melakukan sesuatu dari apa yang sudah disampaikan oleh penceramah.

Baca juga: 15 Contoh Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Berbagai Tema dan Strukturnya

Struktur Teks Ceramah

Pendahuluan


Pendahuluan berfungsi untuk memperkenalkan materi ceramah yang akan disampaikan kepada audiens. Pada pendahuluan juga terdapat bagian pembuka dan pengantar. Di bagian pembuka ini penceramah akan mengucapkan kalimat pembuka serta ucapan rasa syukur.
Sedangkan di dalam pengantar, penceramah akan memberi memperkenalkan topik yang akan dibahas agar audiens lebih mudah memahami.

Isi


Dalam struktur isi, penceramah akan mengembangkan topik dan pesan utama kepada audiens. Isi dalam ceramah ini terdiri atas subtopik dan gagasan yang menjelaskan, memberi bukti serta argumen yang mendukung. Biasanya dalam isi teks ceramah akan terdapat referensi dan sumber untuk lebih memperkuat.

Penutup


Pada bagian penutup, penceramah akan perangkum point-point yang telah disampaikan dan akan memberikan pesan yang penting kepada audiens tentang topik yang dibahas. Dan pada bagian akhir, penceramah memberikan kata permohonan maaf dan ucapakn terima kasih kepada audiens yang telah hadir.

15 Contoh Teks Ceramah

1. Contoh Teks Ceramah tentang Kesehatan


Pembuka

Assalamualaikum wr. wb.
Yang terhormat Bapak Sukirjo selaku Takmir Masjid Nurul Huda.
Yang terhormat pengurus masjid beserta hadirin sekalian.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan karunia-Nya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.

Pada kesempatan ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan ceramah secara singkat mengenai pentingnya istirahat yang cukup untuk kesehatan tubuh.

Begadang mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Kebiasaan begadang saat menyelesaikan pekerjaan atau tugas ini ternyata memberikan dapat buruk bagi kesehatan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3193 seconds (0.1#10.140)