Implementasi SPBE, Peruri Usung Digital ID Solution

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 11:15 WIB
loading...
Implementasi SPBE, Peruri Usung Digital ID Solution
Penerbitan Digital ID Peruri ini menggunakan data referensi terpercaya. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peruri memperkenalkan Digital ID Solution as a Part of Digital Trust for SPBE Platform Infrastructure pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kominfo, di Jakarta, pada 16–19 Oktober 2023.

Penerbitan Digital ID Peruri ini menggunakan data referensi terpercaya (Trusted Reference Data) yang dimiliki berbagai otoritas dengan data valid dan terkini. Peruri ID akan digunakan sebagai identity provider yang dapat membuka akses ke semua layanan untuk melakukan verifikasi identitas dengan standar protokol yang aman.

"Pentingnya Digital ID memungkinkan setiap orang yang beraktivitas di ruang digital dapat teridentifikasi," ujar Farah Fitria Rahmayanti, Direktur Digital Business Peruri, dalam keterangannya, Jumat (20/10). Identitas dilekatkan dengan data yang terasosiasi pada data di imigrasi, pajak, asuransi atau trusted reference data lainnya. "From Trust to Digital Trust (dari kepercayaan ke kepercayaan digital)," tutur Farah.



Sementara itu, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengatakan Kolaborasi dan sinergi pun menjadi kunci dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sesuai amanat Perpres SPBE harus dilaksanakan dengan mengedepankan beragam prinsip antara lain meliputi keterpaduan, kesinambungan, efisiensi, serta interoperabiltas, sehingga kolaborasi dan sinergisme tentu menjadi kunci dalam implementasi SPBE yang terpadu.



Oleh karena itu, Peruri siap berkolaborasi dengan seluruh kementerian, lembaga, serta stakeholder terkait untuk menyelenggarakan SPBE dan menghadirkan kebijakan penunjang pelaksanaan SPBE sesuai koridor hukum yang berlaku.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)