alexa snippet

Cek Balai Ekonomi Desa, Menteri Rini Jalan Kaki hingga Naik Dokar

Cek Balai Ekonomi Desa, Menteri Rini Jalan Kaki hingga Naik Dokar
Demi melihat keseriusan perusahaan pelat merah dalam membangun program Balai Ekonomi Desa (Balkondes), Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan kunjungan langsung. Foto/Ashadi
A+ A-
YOGYAKARTA - Keinginan pemerintah agar ekonomi warga 18 desa sekitar Candi Borobudur ikut terangkat tidak main-main. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun membuat program Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Program yang dicanangkan 2016 itu, direalisasikan pada 18 desa di sekitar Candi Bioobudur, Magelang. Sebagian BUMN diberi tanggung jawab mewujudkan program yang diyakini mampu meningkatkan ekonomi warga.

(Baca Juga: Menteri BUMN Pacu Sektor Pariwisata lewat Musik Jazz)

Demi melihat keseriusan perusahaan pelat merah, Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan kunjungan langsung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertama yang mendapat giliran yakni Balkondes Desa Kebonsari dari PT Hutama Karya.

"Saya ingin melihat keseriusan BUMN dalam membangun Balkondes. Karena program ini sangat penting. Sebab, selama ini warga sekitar Candi Borobodur tidak langsung menerima efek positif kunjungan wisata," ungkapnya di Yogyakarta, Minggu (20/8/2017).

Sekitar pukul 05.00 WIB, rombongan Menteri Rini melanjutkan ke Balkondes Karangrejo pendamping PT PGN dengan jalan kaki. Dilanjutkan ke Balkondes Wanorejo dari Bank BNI dengan naik dokar.

Di Balkondes BNI, Menteri menyempatkan mancing, mainan dakon dengan anak-anak. Kunjungan kemudian berlanjut ke Balkondes Tuksongo PT Telkom dan ke Balkondes Karanganyar dari Bank BTN.

Menteri Rini Soemarno menyatakan, bila secara keseluruhan Balkondes yang sudah dikunjungi bagus-bagus. Bahkan, pihaknya optimis bila ke-18 Balkondes bakal mampu membantu masyrakat di 18 desa sekitar Candi Borobudur bakal mampu mamdiri secara ekonomi.

"Selama ini yang diuntungkan atas kunjungan wisatawan ke Borobudur kan hotel dan pemilik-pemilik homestay, sedangkan warga sekitar tetap terpinggirkan. Makanya, Balkondes balal menjadi solusinya," pungkasnya
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top