alexa snippet

Menteri BUMN Ingin Balai Ekonomi Bikin Desa Tumbuh Mandiri

Menteri BUMN Ingin Balai Ekonomi Bikin Desa Tumbuh Mandiri
Menteri BUMN Rini Soemarno menginginkan program 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) bisa meningkatkan perekonomian desa serta bisa menjadi destinasi wisata baru. Foto/Ashadi
A+ A-
YOGYAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berharap program 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di sekitar Candi Borobudur dapat segera rampang. Pasalnya lewat program ini, selain bisa meningkatkan perekonomian desa juga bisa dijadikan destinasi wisata baru untuk wisatawan domestik hingga mancanegara.

"Tujuannya supaya tiap Balkondes ada hal-hal menarik, agar wisatawan mau datang. Jadi nanti di Balkondes itu wisatawan nanti bisa belajar membatik, membuat keris, dan lain sebagainya," ungkapnya di sela-sela peninjauan Balkondes di Yogyakarta, Minggu (20/8/2017).

(Baca Juga: Cek Balai Ekonomi Desa, Menteri Rini Jalan Kaki hingga Naik Dokar)

Lebih lanjut Ia juga memastikan bakal betul-betul memastikan pembangunan Balkondes terus berjalan, karena BUMN ingin bisa membantu meningkatkan perekonomian pedesaan. "Sehingga ekonomi desa setempat bisa tumbuh secara mandiri," ujar Rini.

Dijelaskan olehnya, bila awal munculnya program 18 Balkondes di Magelang yang mencakup seluruh desa sekitar Candi Borobudur, lantaran pihaknya melihat tidak ada yang dapat manfaat dari wisata Candi Borobudur. Menurut Menteri Rini hanya hotel dan resort-resort yang ada di Jogja saja yang mendapatkan manfaat.

"Jadi wisatawan dari Jogja datang ke Candi Borobudur hanya lewat kemudian pergi lagi. Kami lihat kasihan warga desa sekitar kok tidak dapat economic benefit karena wisatawan tidak menginap di sana. Maka dari itu kami buatlah Balkondes untuk meningkatkan perekonomian desa," jelas Rini.

(Baca Juga: Menteri BUMN Pacu Sektor Pariwisata lewat Musik Jazz)

Menteri BUMN menambahkan pihaknya juga ingin membuat masyarakat sekitar Candi Borobudur bisa merasakan adanya situs bersejarah. Dengan begitu mereka diyakini akan turut serta menjaga situs tersebut

"Supaya ini cepat selesai dan para BUMN penyangga program di setiap desanya berpacu mwnghasilkan Balkondes yang menarik wisatawan. Maka akan kami gelar kompetisi. Sehingga, para penyangga program yaitu BUMN berlomba-lomba menjadi yang terbaik," pungkasnya.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top