BCA Dukung Ekspedisi Bhineka Tunggal Ika Outward Bound Indonesia

Senin, 21 Agustus 2017 - 04:24 WIB
BCA Dukung Ekspedisi Bhineka Tunggal Ika Outward Bound Indonesia
BCA Dukung Ekspedisi Bhineka Tunggal Ika Outward Bound Indonesia
A A A
JAKARTA - Outward Bound Indonesia (OBI) melaksanakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dengan menggelar program pendidikan karakter berbasis alam bagi siswa-siswi SMA/SMK, bertema Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika bagi Tunas Bangsa. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang juga konsen terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Learning and Development Division BCA, Novie Yulianti mengemukakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan OBI karena pihaknya sama-sama fokus pada pengembangan SDM. Di mana SDM merupakan salah satu fokus perusahaan dalam mengembangkan manusia yang berkualitas, tidak hanya dari skill tapi juga karakter dan kerja sama dalam tim.

"Kegiatan yang dilakukan OBI sangat positif untuk anak-anak kita. Banyak kompetensi yang dapat digali dalam kegiatan-kegiatan outdor seperti ini di luar kelas. Di mana mereka benar-benar riil harus kerja sama, memecahkan masalah, dan memutuskan masalah. On the spot segala risikonya langsung mereka rasakan," ujarnya, dalam wisuda siswa-siswi Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika bagi Tunas Bangsa di OBI Eco Campus, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (20/8/2017).

Lebih lanjut, Novie menuturkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan OBI cukup lama sekitar 20 tahun lebih. Di mana salah satu pendidikan untuk karyawan-karyawan baru (fresh graduate) perusahaan dilaksanakan di sini.

"Kami melihat OBI sebagai provider training memiliki kekuatan dalam pembentukan karakter. Kami lebih dari 20 tahun bekerja sama, di mana kami mengirimkan peserta training yang dilatih pihak OBI. Metode yang diterapkan OBI masih sesuai dengan kebutuhan kami, khususnya anak-anak fresh graduate," ungkapnya.

"Begitu direkrut kami tidak hanya memberikan pendidikan basic banking tentang perbankan, tapi juga membentuk karakter mereka. Karena dalam bisnis harus memiliki orang-orang yang siap mental, dengan kerja sama yang baik. Tidak hanya dari segi knowladge, sebab antara dunia pendidikan dengan dunia kerja pasti berbeda," terang Novie.

OBI

Executive Director Outward Bound Indonesia (OBI) Wendy Kusumowidagdo dan Founder Djoko Kusumowidagdo
Sebagai informasi, OBI Eco Campus merupakan kampus pengembangan karakter ramah lingkungan pertama di Indonesia. Kampus hijau yang didirikan oleh Djoko Kusumowidagdo dan Elly Tjahja ini berfungsi sebagai fasilitas pendidikan karakter bagi individu dan organisasi dengan menyediakan kursus pengembangan karakter Outward Bound, serta program yang berpusat pada lingkungan.

OBI memberikan pelatihan menggunakan Experiential Learning melalui Challenge and Adventure untuk mengembangkan kekuatan pribadi, kepemimpinan serta sinergi tim.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-72, OBI menggelar Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika bagi Tunas Bangsa, yang diikuti 14 siswa dari berbagai latar belakang suku, ras dan agama berbeda.

"Bisnis kami bukan hanya orientasi profit yang kepesertaannya dari corporate. Kami punya tanggung jawab sosial CSR untuk program anak-anak. Salah satunya dalam kegiatan ekspedisi ini yang merupakan beasiswa dari kami," ujar Executive Director OBI, Wendy Kusumowidagdo.

Adapun dalam ekspedisi ini para siswa-siswi mengikuti rangkaian kegiatan selama lima hari, pada 16-20 Agustus 2017. Para peserta melakukan aktivitas outdoor education, yang meliputi interaksi dan menginap dengan komunitas lokal, mendaki dan melaksanakan upacara Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Parang, berkemah serta melaksanakan ekspedisi air.

"Kami ingin membantu mencetak muda-mudi Indonesia yang berkarakter dan memiliki semangat Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika. Apalagi saat ini semangat nasionalisme bangsa yang terasa semakin terkikis. Kami melaksanakan ekspedisi ini dengan tujuan untuk menanamkan benih-benih solidaritas , toleransi, gotong-royong, tenggang rasa, semangat juang dan pantang menyerah dari tunas bangasa," tandas Wendy.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8752 seconds (0.1#10.140)