10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Minggu, 22 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas
Iran tidak ingin terlibat langsung dalam konflik di Gaza. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Pada 15 Oktober, Iran mengeluarkan ultimatum publik yang pedas kepada musuh bebuyutannya, Israel: Hentikan serangan Anda terhadap Gaza atau kami akan terpaksa mengambil tindakan, menteri luar negerinya memperingatkan.

Hanya beberapa jam kemudian, misi negara tersebut di PBB melunakkan nada hawkishnya, dengan meyakinkan dunia bahwa angkatan bersenjatanya tidak akan melakukan intervensi dalam konflik tersebut kecuali Israel menyerang kepentingan atau warga negara Iran.

Iran, yang merupakan pendukung lama penguasa Gaza, Hamas, mendapati dirinya berada dalam kebingungan ketika mencoba mengelola krisis yang semakin meningkat, menurut sembilan pejabat Iran yang memiliki pengetahuan langsung tentang pemikiran di kalangan ulama.

Berikut adalah 10 alasan Iran menghindari keterlibatan langsung dalam Perang Gaza.

1. Memperhatikan Strategi Menguasai Timur Tengah yang Telah Dilaksanakan 4 Dekade

10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Foto/Reuters

Berdiri di pinggir lapangan dalam menghadapi invasi besar-besaran Israel ke Gaza akan secara signifikan menghambat strategi Iran untuk menguasai kawasan yang telah dilakukan selama lebih dari empat dekade, menurut orang-orang tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitivitas diskusi di Gaza dengan Teheran.

Namun serangan besar apa pun terhadap Israel yang didukung AS dapat menimbulkan banyak korban di Iran dan memicu kemarahan publik terhadap para pemimpin agama di negara yang sudah terperosok dalam krisis ekonomi, kata para pejabat yang menguraikan berbagai prioritas militer, diplomatik, dan domestik yang sedang dipertimbangkan. oleh pendirian.

2. Hanya Menggunakan Hizbullah sebagai Kepanjangan Tangan

10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Foto/Reuters

Tiga pejabat keamanan mengatakan sebuah konsensus telah dicapai di antara para pengambil keputusan utama Iran, untuk saat ini: Berikan restu mereka atas serangan terbatas lintas batas yang dilakukan oleh kelompok proksi Lebanon, Hizbullah, terhadap sasaran militer Israel, lebih dari 200 km dari Gaza, serta sasaran-sasaran rendah, serangan tingkat tinggi terhadap sasaran AS oleh kelompok sekutu lainnya di kawasan. Cegah eskalasi besar apa pun yang akan menyeret Iran ke dalam konflik.

“Kami berhubungan dengan teman-teman kami Hamas, Jihad Islam, dan Hizbullah,” kata Vahid Jalalzadeh, ketua Komite Keamanan Nasional parlemen pada hari Rabu, menurut media pemerintah Iran. “Sikap mereka adalah mereka tidak mengharapkan kami melakukan operasi militer.”

Hilangnya basis kekuatan yang didirikan di daerah kantong Palestina melalui Hamas dan kelompok sekutu Jihad Islam selama tiga dekade akan menggagalkan rencana tersebut, yang telah menyebabkan Iran membangun jaringan kelompok proksi bersenjata di seluruh Timur Tengah, dari Hizbullah di Lebanon hingga Houthi di Yaman.

3. Menganggap Hizbullah Sangat Efektif dalam Berperang Melawan Israel

10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Foto/Reuters

Kelambanan Iran di lapangan dapat dianggap sebagai tanda kelemahan kekuatan proksi tersebut, yang telah menjadi senjata utama pengaruh Teheran di kawasan selama beberapa dekade, menurut tiga pejabat. Mereka mengatakan hal ini juga dapat melemahkan kedudukan Iran, yang telah lama memperjuangkan perjuangan Palestina melawan Israel, sebuah negara yang tidak mereka akui dan dianggap sebagai negara penjajah yang jahat.

“Iran menghadapi dilema apakah mereka akan mengirim Hizbullah untuk berperang demi menyelamatkan kelompok mereka di Jalur Gaza atau mungkin mereka akan melepaskan kelompok ini dan menyerahkannya,” kata Avi Melamed, mantan pejabat intelijen Israel dan negosiator selama intifada pertama dan kedua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)