7 Obat Diare Anak Alami Paling Ampuh, Bunda Wajib Tahu

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:58 WIB
loading...
7 Obat Diare Anak Alami Paling Ampuh, Bunda Wajib Tahu
Beberapa obat diare alami bisa menjadi pertolongan pertama pada anak. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada beberapa obat diare anak alami yang bisa menjadi pertolongan pertama. Obat alami ini juga aman dikonsumsi untuk membantu mengatasi gejala diare.

Diare pada anak bisa disebabkan karena beberapa hal seperti keracunan makanan, gangguan usus, hingga infeksi virus, bakteri, atau parasit. Beberapa bahan alami memiliki khasiat untuk meredakan perut kembung, mual, muntah, dan menormalkan gerakan usus.

Adapun beberapa bahan alami yang biasa digunakan untuk obat diare adalah sebagai berikut.

Obat Diare Anak Alami Paling Ampuh


1. Probiotik


Probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat bagi sistem pencernaan karena mendukung kerja usus dan membantu melawan infeksi. Probiotik bisa diperoleh dari makanan berfermentasi seperti yoghurt.



Dalam sebuah penelitian disebutkan mengonsumsi probiotik dapat mempersingkat durasi pemulihan dari diare. Makan probiotik juga relatif aman karena tanpa efek samping.

2. Air putih hangat


Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Diare membuat dehidrasi, sehingga membuat pencernaan lebih sulit dan bekerja kurang efektif.

Kamu perlu mengganti jumlah asupan air yang berkurang karena diare dengan minum air putih. Alangkah lebih baik bila air putih yang kamu minum dalam kondisi hangat, sehingga membantu menghangatkan perutmu.

3. Jahe


Jahe adalah obat alami yang umum untuk sakit perut dan gangguan pencernaan. Jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaol yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)