Semen Gresik Luncurkan Program CSR Unggulan

Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:11 WIB
Semen Gresik Luncurkan Program CSR Unggulan
Semen Gresik Luncurkan Program CSR Unggulan
A A A
JAKARTA - PT Semen Gresik, salah satu operating company PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, kembali meluncurkan program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) unggulan 2017 untuk memberdayakan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar perusahaan.

Kontribusi CSR Semen Gresik yang senantiasa meningkat setiap tahun yaitu Rp22 miliar pada 2014, Rp24 miliar pada 2015, dan Rp25 miliar pada 2016, menunjukkan posisi strategis community development dalam memastikan keberhasilan bisnis Semen Gresik.

Dirut Semen Gresik Gatot Kustyadji berkomitmen untuk terus meningkatkan program pengembangan masyarakat tidak dapat ditawar-tawar lagi. Sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh, dan berkembang di tengah masyarakat Tuban, perusahaan berharap untuk dapat terlibat penuh dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Hal ini merupakan ikhtiar perusahaan sebagai bagian dari agen pembangunan bangsa yang unggul atau good corporate citizenship," katanya dalam peluncuran program CSR Unggulan Semen Gresik di Pabrik Tuban seperti dalam rilis yang diterima SINDOnews, Rabu (23/8/2017).

Hadir pada kesempatan itu Dirut Semen Gresik Gatot Kustyadji dan jajaran direksi, Bupati Tuban KH Fathul Huda, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Tuban, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tuban, dan ratusan warga di sekitar perusahaan.

Gatot menjelaskan program Unggulan CSR Semen Gresik pada 2017 terfokus pada bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (community development). Yaitu upaya perusahaan mendorong kemandirian dan peningkatakan kapabilitas ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat di sekitar perusahaan.

Menurutnya, lima program CSR Unggulan PT Semen Gresik Tahun 2017. Pertama, Semen Gresik kembali menyerahkan bantuan kepada Forum Masyarakat Kokoh (FMK) senilai Rp7,25 miliar di 26 desa dan 3 kecamatan dengan fokus pada program-program pemberdayaan masyarakat dan mendorong kemitraan serta keterlibatan bersama segenap pemangku kepentingan.

Kedua, sebagai bentuk partisipasi dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H, Semen Gresik menyalurkan 34 ekor sapi kurban kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Tuban. Bantuan akan diserahkan kepada Pemkab Tuban, DRPD Tuban, Masjid Agung Tuban, 26 desa sekitar perusahaan, Panitia Idul Kurban Semen Gresik, dan lembaga-lembaga lainnya senilai total Rp903.500.000.

Ketiga, dalam upaya mendukung program pengentasan kemiskinan dari pemerintah pusat dan Pemkab Tuban, Semen Gresik berkomitmen melaksanakan Program Bedah Rumah Tak Layak Huni sebanyak 40 rumah senilai total Rp1,8 miliar. Bantuan bedah rumah diperuntukkan bagi masyarakat pra sejahtera di area pengembangan perusahaan maupun di seluruh area Kabupaten Tuban.

Keempat, bantuan pendampingan petani green belt. Sejak 2004, perusahaan telah membangun kerja sama erat dengan salah satu mitra strategis perusahaan yaitu para petani pengelola sabuk hijau area tambang atau yang disebut petani green belt. Hingga 2017, total petani green belt yang mengelola lahan perusahaan sebanyak 328 orang dan terbagi dalam 20 kelompok petani dari desa-desa terdekat.

Kelima, bantuan semen secara simbolis sebanyak 4.740 sak atau senilai Rp237 juta untuk pembangunan gedung sekolah, sarana pendidikan Al-Quran, masjid dan musala, gereja dan fasilitas publik lainnya.

"Hari ini kami juga menyerahkan dana Lazis (Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Sedekah) karyawan Semen Gresik senilai Rp1,3 miliar kepada Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tuban," sambung Gatot.

Bupati Tuban KH Fathul Huda mengapresiasi atas hubungan sinergis yang terjalin antara Semen Gresik dengan pemerintah dan warga Tuban selama ini. Kehadiran industri di satu daerah paling tidak memberikan tiga manfaat. "Pertama, multiplier effect, lalu penyerapan tenaga kerja, dan CSR," katanya.

Anggaran CSR Rp25 miliar dari Semen Gresik harus dimanfaatkan dengan efisien, efektif dan tepat sasaran. Maka, program CSR perusahaan sebaiknya sinergis dengan program-program Pemkab Tuban. "Perlu juga evaluasi secara berkala untuk mengukur efektivitasnya," tambah dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4542 seconds (0.1#10.140)