SBI Manfaatkan RDF Jadi Energi Alternatif Pengganti Batu Bara

Senin, 23 Oktober 2023 - 13:30 WIB
loading...
SBI Manfaatkan RDF Jadi Energi Alternatif Pengganti Batu Bara
Penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Manufacturing SBI, Soni Asrul Sani dan Pj. Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo, dan dihadiri Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo di Kantor Pusat SBI, Jakarta. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB) atau SBI menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung pemanfaatan refuse derived fuel (RDF) sebagai sumber energi alternatif pengganti batu bara. RDF akan diambil dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Sanggrahan, Kabupaten Temanggung.

"RDF merupakan hasil pemgolahan sampah yang dikeringkan untuk menurunkan kadar air dan meningkatkan kadar kalorinya," kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalan pernyataannya, Senin (23/10/2023).



Dia mengatakan pemanfaatan RDF dalam produksi semen tidak hanya berkontribusi mengatasi persoalan sampah yang kerap kali menjadi masalah lingkungan dan sosial, tetapi juga solusi untuk menurunkan emisi karbon yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim.

Lebih lanjut, pemanfaatan RDF juga membantu perseroan untuk mendapatkan sumber energi alternatif ramah lingkungan dan mempunyai nilai ekonomis secara berkelanjutan melalui prinsip ekonomi sirkular.

"Kerja sama antara SBI dan Pemkab Temanggung dalam pemanfaatan RDF merupakan bentuk dukungan perseroan kepada pemerintah daerah (Pemda) dalam pengelolaan sampah," ujar Vita.

Menurutnya, kolaborasi antara SBI dan Pemda tersebut penting untuk menciptakan nilai bersama (shared-value), menjaga kelestarian lingkungan, mengurangi pemanasan global, dan perubahan iklim yang dampaknya sudah dirasakan saat ini.

Karena itu, kemitraan perseroan dengan Pemkab Temanggung dalam pemanfaatan RDF diharapkan dapat meningkatkan substitusi energi panas atau thermal substitution rate (TSR) guna mendukung SIG dalam mengakselerasi capaian target penurunan emisi karbon scope 1 menjadi 515 kg CO2/ton cement eq pada 2030.

Pj. Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo menyebut, SBI merupakan mitra tepat untuk menjawab kebutuhan pengelolaan sampah di Temanggung. Sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Hary berpendapat, permasalahan sampah juga menjadi momok di Temanggung.

"Kami berharap, kerja sama dengan SBI dapat membantu mengurangi beban di TPA dan hasilnya bermanfaat bagi perusahaan semen seperti SBI," ujar Hary.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)