Begini Cara Menjaga Kesuburan bagi Penyintas Kanker Payudara

Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:30 WIB
loading...
Begini Cara Menjaga Kesuburan bagi Penyintas Kanker Payudara
Menjaga kesuburan telah menjadi aspek yang semakin penting dalam pengobatan kanker, khususnya bagi pasien kanker payudara. Foto/ times of india.
A A A
JAKARTA - Menjaga kesuburan telah menjadi aspek yang semakin penting dalam pengobatan kanker, khususnya bagi pasien kanker payudara .

Perawatan yang digunakan untuk melawan kanker payudara , seperti kemoterapi dan radiasi, dapat berdampak buruk pada kesuburan wanita.

Mengatasinya, ada beberapa pilihan yang tersedia untuk menjaga kesuburan sebelum menjalani perawatan ini. Dilansir Times of India pada Selasa (24/10/2023), berikut cara menjaga kesuburan bagi penyintas kanker payudara.


Cara Menjaga Kesuburan

1. Pembekuan sel telur

Salah satu pilihannya adalah pembekuan sel telur atau kriopreservasi oosit yang melibatkan stimulasi ovarium untuk menghasilkan banyak sel telur, yang kemudian diambil dan dibekukan untuk digunakan di masa mendatang.

Selanjutnya, ketika wanita tersebut merasa siap untuk hamil, sel telur yang telah dicairkan dapat digabungkan dengan sperma pasangannya atau donor dan ditanamkan ke dalam rahimnya dengan tujuan untuk mencapai pembuahan.

Pilihan lainnya adalah kriopreservasi embrio, yaitu sel telur dibuahi dengan sperma di laboratorium dan embrio yang dihasilkan dibekukan. Kedua metode ini menawarkan perempuan kesempatan untuk menjaga kesuburan mereka dengan menyimpan sel telur atau embrio untuk digunakan nanti.

Selain pilihan ini, ada juga kriopreservasi jaringan ovarium. Ini melibatkan pengangkatan dan pembekuan seluruh atau sebagian ovarium sebelum pengobatan kanker dimulai. Jaringan tersebut nantinya dapat dicairkan dan ditransplantasikan kembali ke tubuh wanita dengan harapan dapat memulihkan kesuburannya.

2. Tetapkan harapan yang realistis

Penting bagi pasien untuk menetapkan ekspektasi yang realistis dan memahami bahwa keadaan individu memainkan peran penting. Meski mempertimbangkan perawatan kesuburan selama perawatan kanker payudara dapat menambah kompleksitas dan tekanan emosional, tentu saja melegakan mengetahui ada pilihan yang tersedia bagi banyak pasien dalam perjalanan mereka menuju menjadi orangtua pascaperawatan. Seseorang harus berdiskusi dengan ahlinya mengenai pilihan pelestarian kesuburan mana yang cocok untuknya.

3. Pasien harus mempersiapkan diri perawatan kesuburan

Dengan mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan ini dengan ahli onkologi dan mencari bimbingan dari spesialis reproduksi, Anda dapat membuat keputusan yang tepat mengenai metode pelestarian kesuburan mana yang paling cocok.

Ketika merencanakan perawatan kesuburan setelah kanker payudara, waktu memainkan peran penting. Penting untuk berkonsultasi dengan ahli onkologi dan konsultan kesuburan Anda untuk menentukan peluang optimal untuk melakukan prosedur seperti pembekuan sel telur atau penyimpanan embrio.

Dalam beberapa kasus, hal ini mungkin berarti menunda sedikit pengobatan kanker untuk menjaga peluang terbaik keberhasilan reproduksi di masa depan. Mengetahui potensi dampak dari jadwal pengobatan yang berbeda terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan dan tujuan membangun keluarga akan membantu memandu Anda dalam mengambil keputusan yang paling tepat.

Menjalani pengobatan kanker payudara dapat melelahkan secara emosional, sehingga menambah kerumitan saat mempersiapkan perawatan kesuburan. Carilah jaringan dukungan dan sumber daya yang berspesialisasi dalam memberikan perawatan emosional selama masa sulit ini; mereka dapat membantu mengatasi perasaan cemas, takut, atau sedih seputar potensi ketidaksuburan atau rencana konsepsi yang tertunda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)