7 Ratu Gaib yang Menguasai Wilayah Nusantara, Nomor 1 Penguasa Laut Selatan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 12:25 WIB
loading...
7 Ratu Gaib yang Menguasai Wilayah Nusantara, Nomor 1 Penguasa Laut Selatan
Nyi Roro Kidul merupakan ratu gaib yang menguasai laut selatan Pulau Jawa. Foto/Instagram @melsaoktavin
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah ratu gaib yang diketahui menjadi penguasa di wilayah Nusantara. Salah satu yang paling terkenal di masyarakat adalah Nyi Roro Kidul yang diyakini menjadi penguasa laut pantai selatan.

Pada dasarnya, setiap ratu atau penguasa tentu memiliki sejarah dan wilayah kekuasaan yang berbeda. Mereka juga dipercaya memiliki kekuatan spiritual yang dianggap sebagai pelindung dan penjaga daerah kekuasaannya.

Sedikitnya ada tujuh ratu gaib yang diketahui menjadi penguasa di wilayah Nusantara. Adapun ketujuh ratu tersebut adalah sebagai berikut.

Ratu Gaib yang Menguasai Wilayah Nusantara


1. Nyi Roro Kidul


Nyi Roro Kidul merupakan ratu gaib yang menguasai laut selatan Pulau Jawa. Menurut salah satu versi cerita, ia adalah mantan permaisuri Prabu Siliwangi yang melakukan ritual mekso atau mengubah diri menjadi makhluk gaib dengan menceburkan diri ke laut.



Ia kemudian menikah dengan raja-raja Mataram dan menjadi pelindung kerajaan tersebut. Nyi Roro Kidul juga dikenal sebagai penguasa kerajaan Laut Kidul, yang berisi berbagai makhluk gaib seperti naga, ular, dan ikan.

2. Dewi Lanjar


Ratu gaib selanjutnya adalah adik kandung Nyi Roro Kidul yang menguasai laut utara pulau Jawa yang bernama Dewi Lanjar. Ia juga merupakan putri Prabu Siliwangi yang ikut mekso bersama ibunya.

Dewi Lanjar memiliki paras yang cantik dan suka memakai pakaian berwarna biru. Ia juga dikenal sebagai penguasa kerajaan Laut Lor, yang berisi makhluk-makhluk ghaib seperti putri duyung, nelayan, dan kapal-kapal karam.

3. Ratu Kalinyamat


Berikutnya ada Ratu Kalinyamat. Ratu yang satu ini juga menjadi penguasa wilayah Jawa, namun tepatnya berada di bagian daerah Jepara dan sekitarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)