Mengapa Jonathan Gonzalez Batal Pertahankan Gelar WBO?

Kamis, 26 Oktober 2023 - 12:12 WIB
loading...
Mengapa Jonathan Gonzalez Batal Pertahankan Gelar WBO?
Mengapa Jonathan Gonzalez Batal Pertahankan Gelar WBO?
A A A
JAKARTA - Mengapa Jonathan Gonzalez batal mempertahankan gelar kelas terbang ringan WBO ? Tahun ini akan menjadi tahun yang sulit dilupakan bagi Jonathan 'Bomba' Gonzalez.

BoxingScene.com mengkonfirmasi bahwa pemegang gelar kelas terbang ringan WBO ini jatuh sakit dan terpaksa menarik diri dari pertarungan perebutan gelar melawan Gerardo Zapata. Keduanya seharusnya bertarung dalam duel yang dipromotori oleh All Star Boxing, Inc. dan ESPN+/ESPN Knockout yang akan tetap berlangsung pada hari Jumat ini di Polideportivo Alexis Arguello, Managua, Nikaragua.

Pertandingan antara Rene Santiago-Kevin Vivas yang sebelumnya dijadwalkan sebelumnya akan dipindahkan ke pertandingan utama malam itu. Boxing Scene telah mengetahui bahwa rencana sedang dijajaki untuk pertandingan ini sebagai perebutan gelar kelas terbang ringan WBO sementara.



Gonzalez (27-3-1, 14KO) kini tidak memiliki pertarungan sampai tahun 2023, setelah dua kali dijadwalkan bertarung tahun ini. Petinju berusia 32 tahun asal Caguas, Puerto Rico ini sebelumnya dijadwalkan untuk menghadapi petinju Jepang, Kenshiro Teraji, namun ia menderita radang paru-paru sebelum pertarungan penyatuan gelar WBA/WBC/WBO yang direncanakan pada tanggal 8 April di Tokyo. Gonzalez digantikan oleh petinju yang sedang naik daun, Anthony Olascuaga, yang dihentikan oleh Teraji pada ronde kesembilan.

Sebuah penyakit yang dirahasiakan sekali lagi menutup rencana pertarungan perebutan gelar Gonzalez, kali ini saat ia sudah berada di Nikaragua. Kondisi kesehatannya diketahui tak lama setelah konferensi pers hari Rabu, dengan para penata duel harus berjuang keras untuk menyelamatkan sisa pertandingan.

Gonzalez awalnya dijadwalkan untuk menghadapi Leyman Benavides dari Nikaragua, yang secara ironisnya jatuh sakit bulan lalu dan ditarik dari pertandingan. Ia digantikan oleh Zapata (14-1-1, 5KO), petinju Nikaragua asal Miami yang kini belum memiliki lawan setelah sebelumnya menantikan perebutan gelar di kota kelahirannya.



Dengan upaya untuk mengangkat Santiago-Vivas ke status gelar interim, Gonzalez kemungkinan akan menghadapi pemenang dalam laga pertamanya di tahun 2024. Ia akan berada di luar ring selama lebih dari satu tahun setelah kembali, setelah tidak berlaga sejak kemenangan mutlak selama 12 ronde atas Shokichi Iwata pada tanggal 1 November lalu di Saitama, Jepang.

Santiago (11-3, 8KO) sebelumnya ingin menantang Gonzalez, mengingat rivalitas yang sudah berlangsung lama antara kedua atlet kecil ini. Petinju berusia 31 tahun asal Humacao itu kini memiliki kesempatan untuk memposisikan dirinya untuk perebutan gelar. Ia telah memenangkan dua laga terakhirnya sejak kalah angka sepuluh ronde dari Yudel Reyes pada bulan April lalu di Santo Domingo, Republik Dominika.

Santiago terakhir kali bertarung dengan kemenangan KO pada ronde kesembilan atas Carlos Ortega pada tanggal 14 April di Panama City, Panama. Petinju asal Nikaragua, Vivas (7-0, 2KO), akan menjalani laga terbesarnya saat ini, tepat pada hari ulang tahun ketiga sebagai petinju profesional. Atlet berusia 28 tahun asal Nindiri ini selalu menang dalam empat laga terakhirnya, termasuk kemenangan angka terbelah dua kali beruntun atas atlet senegaranya, Byron Castellon.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)