PLN Bakal Ikuti Jejak Jasa Marga Lakukan Sekuritisasi Aset

Kamis, 31 Agustus 2017 - 15:15 WIB
PLN Bakal Ikuti Jejak Jasa Marga Lakukan Sekuritisasi Aset
PLN Bakal Ikuti Jejak Jasa Marga Lakukan Sekuritisasi Aset
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, PT PLN (Persero) dalam waktu dekat akan melakukan sekuritisasi aset seperti yang dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tercatat pada hari ini, Jasa Marga telah melakukan sekuritisasi atas asetnya yakni jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dengan produk sekuritisasi KIK EBA Mandiri JSMR01.

Dia mengungkapkan, saat ini PLN tengah dalam proses penawaran. Diharapkan, pada pertengahan September 2017 sudah bisa dicatatkan di bursa saham. "Sedang dalam proses itu PLN. Ini sudah ada dalam penawaran sekarang. Insya Allah tanggal 15-16 September, pertengahan September bisa dilisting," katanya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

(Baca Juga: Proses Sekuritisasi Lama, Jokowi Interogasi Dirut Jasa Marga
Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan ini menyebutkan, aset PLN yang akan disekuritisasi adalah pembangkit listrik. Nilainya sekitar Rp5 triliun hingga Rp10 triliun. "Revenue pembangkit. Antara Rp5 sampai Rp10 triliun. Kita tergantung liat demand karena melihat suku bunganya. Kita enggak mau terlalu tinggi suku bunganya," imbuh dia.

Rini berharap, proses sekuritisasi PLN dan BUMN lainnya ke depan dapat berjalan lebih cepat. Hal ini mengingat, Jasa Marga butuh waktu hingga sembilan bulan hingga akhirnya melakukan pencatatan perdana dan sempat menjadi pertanyaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sekarang saya harapkan tiga bulan selesai. Dalam arti, tentunya setelah audit statement. Kan ada prosesnya. Ya kalau setelah audit statement bisa cepat lebih baik. Ya maksud saya tiga bulan saja kita happy ya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5786 seconds (0.1#10.140)