alexa snippet

Jokowi: Pembangunan KA Sukabumi - Bandung Tahun Depan

Jokowi: Pembangunan KA Sukabumi - Bandung Tahun Depan
Dalam meningkatkan infrastruktur di daerah, Presiden Jokowi menjanjikan akan membangun jalur kereta api (KA) Sukabumi - Bandung serta bandar udara (bandara). Foto/Dok
A+ A-
SUKABUMI - Dalam meningkatkan infrastruktur di daerah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun jalur kereta api (KA) Sukabumi - Bandung pada tahun depan. Pemerintah juga merencanakan membangun bandar udara (bandara).

"Jalur KA Sukabumi-Bandung akan dibangun tahun depan. Sementara, reaktivasi dan bandara Sukabumi masuk dalam tahap perencanaan akan segera dimulai," ujar Jokowi saat menjalankan ibadah Salat Idul Adha di Sukabumi, Jawa Barat, dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Jumat (1/9/2017).

Dia menjelaskan untuk track ke Cianjur dan Bandung, secara bertahap akan dilakukan perbaikan dan diaktifkan kembali.

“Makanya saya kemarin ke Sukabumi, naik kereta api. Itu ingin mengecek langsung, karena untuk penambahan track dari Bogor ke Sukabumi duitnya di tahun ini sudah ada," tegasnya.

Sementara Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya mengatakan sudah ada kata sepakat pemkot dengan pemkab Sukabumi untuk merencananakan pembangunan bandara di Sukabumi. "Namun tempatnya akan kita kaji lagi. Semula tempatnya jauh dari Kota Sukabumi," jelas Menhub Budi.

Menhub Budi menyatakan, Kementerian Perhubungan memiliki pilihan untuk menentukan lokasi Bandara Sukabumi lebih dekat ke kota.

"Bagaimana pun itu penduduk Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi ini kurang lebih hampir 3 juta orang. Salah satu kelayakan pembangunan bandara itu adalah dekat dengan masyarakat. Hal lain yang dipertimbangkan adalah kecepatan angin dan kondisi lingkungan sekitarnya," jelas Menhub.

Budi menyebutkan Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat supaya pembebasan tanahnya diselesaikan.

"Pemerintah Pusat akan menyediakan dana kontribusi. Target paling tidak tahun 2018 akan menyelesaikan pembebasan tanah dan diharapkan tahun 2019 akan mulai dibangun dan paling lambat awal tahun 2020 bisa beroperasi," terang Menhub.

Dia berharap pembangunan bandara Sukabumi dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten dan Kota Sukabumi serta masyarakat sekitarnya.

Adapun pada kesempatan itu, Menhub Budi Karya Sumadi mendampingi Presiden Jokowi Salat Idul Adha di lapangan Merdeka Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/9/2017).

Salat Idul Adha yang dihadiri 15.000 jamaah ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Walikota, sejumlah Menteri, Ketua MUI dan Alim Ulama setempat. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyerahkan 1 ekor sapi seberat 1,4 ton.
(dmd)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top