Ada Bandara Kertajati, Luhut Minta Proyek Tol Cisumdawu Dikebut

Senin, 04 September 2017 - 17:34 WIB
Ada Bandara Kertajati, Luhut Minta Proyek Tol Cisumdawu Dikebut
Ada Bandara Kertajati, Luhut Minta Proyek Tol Cisumdawu Dikebut
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dipercepat. Hal ini demi menunjang proyek Bandar Udara Internasional Jawa Barat di Kertajati, yang saat ini juga tengah dalam pengerjaan.

Dia menginginkan, proyek Bandara Kertajati dan jalan tol Cisumdawu dapat selesai dalam waktu bersamaan. Bandara Kertajati ditargetkan rampung pada tahun depan.

"Tadi masalah itu saja, lapangan terbang Bandara Kertajati, kan jalan ke Bandung biar sekaligus tuntas gitu. Kemudian semua sudah jalan, masalah percepatan saja," katanya di Kantor Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (4/9/2017).

Menurutnya, jika jalan tol tersebut selesai bersamaan dengan selesainya Bandara Kertajati, maka dampaknya akan sangat besar. Apalagi, Bandara Kertajati diharapkan dapat menjadi pusat logistik Tanah Air.

"Karena kalau itu lapangan terbang sudah jadi kan dampaknya juga bagus. Artinya, Kertajati itu jadi center kemana-mana, jadi kita ingin Kertajati jadi pusat logistik nanti seperti kita bikin sistem IT semua itu," imbuh dia.

Sementara, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat ditugaskan menyelesaikan pembebasan lahan proyek tersebut. Sementara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pembangunan tolnya.

"Soal percepatan Bandara Kertajati, pemerintah minta supaya tolnya segera dibangun. Pemprov ditugaskan untuk membebaskan lahannya, kemudian pusat melalui Kementerian PUPR untuk jalan tolnya," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8372 seconds (0.1#10.140)