Pak Jokowi! Cabut Subsidi Gas Melon, Duitnya Transfer Langsung ke Rakyat Miskin

Rabu, 05 Agustus 2020 - 15:29 WIB
loading...
Pak Jokowi! Cabut Subsidi Gas Melon, Duitnya Transfer Langsung ke Rakyat Miskin
Pemerintah didesak cabut subsidi gas melon. Foto/Dok/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah didesak agar subsidi gas melon dicabut diubah mekanismenya berupa duit agar bisa ditranfser langsung kepada penerima manfaat, yakni masyarakat miskin. Dengan pola seperti diyakini akan lebih tepat sasaran dan tidak boros menghabiskan anggaran negara.

"Polanya diubah menjadi bantuan langsung tunai, diberikan langsung ke rakyat miskin. Sementara subsidi elpiji gas melon dicabut," ujar Ekonom Core Indonesia, Piter Abdullah, di Jakarta, Rabu (5/8/2020).



Menurut dia perubahan mekanisme tersebut lebih mudah dilaksanakan pemerintah sehingga setiap saat tidak gaduh dengan kelangkaan gas melon. Pasalnya yang gaduh kehabisan elpiji gas melon justru orang-orang kaya yang seharusnya tidak berhak membeli gas melon. Dengan demikian, imbuhnya, justru yang dirugikan adalah masyarakat miskin.



Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan sebelumnya mengatakan apabila subsidi diberikan secara terus menerus maka beban anggaran negara akan terus bertambah, sehingga mengganggu keuangan negara. Pasalnya saat ini 70% elpiji masih impor sehingga memperlebar defisit neraca perdagangan.

"Perlu ada kebijakan dalam mengendalikan elpiji 3 kg di mana salah satunya adalah distribusi tertutup. Ini lebih jelas asalkan datanya beneran tepat sasaran jangan sampai salah data," ungkap dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)