alexa snippet

Jepang Bangun Fasilitas Perikanan di Enam Pulau Luar Indonesia

Jepang Bangun Fasilitas Perikanan di Enam Pulau Luar Indonesia
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Lawatan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ke Jepang beberapa waktu lalu, menagih janji Negeri Matahari Terbit berinvestasi di sektor perikanan berbuah hasil. Dalam rangka memperingati 60 tahun kerja sama Indonesia-Jepang, Susi melakukan kesepakatan dengan Penasihat Utama Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi.

Dalam kesepakatan ini, Jepang ingin membangun fasilitas perikanan dan hotel radar di enam pulau terluar Indonesia. Susi mengatakan bahwa Hiroto Izumi sudah diterima Presiden Jokowi dan bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membahas kerja sama di atas.

"Kerja sama ini akan dilakukan dalam rangka membangun bidang perikanan dan keamanan laut dalam bentuk navigasi laut Indonesia," terang Susi di Jakarta, Rabu (6/9/2017). Ia menjelaskan, Jepang akan memberikan hibah pembangunan enam lokasi fasilitas perikanan terintegrasi dan enam hotel radar.

Selain itu, Jepang juga membantu meneruskan kegiatan satelit yang dimiliki Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam bentuk hibah dengan membuat satelit yang ada di Bali menjadi sistem terbuka. Dengan demikian, kata Susi, KKP tidak lagi mengeluarkan biaya untuk mengetahui data dan mengupdate data setiap bulan maupun setiap tahunnya.

"Kerja sama ini sangat penting. Ini suatu penghormatan masing-masing negara. Yang sama menghormati kedaulatan masing-masing dan membangun community development untuk kesejahteraan masyarakat regional Indonesia," tukasnya.

Susi juga menyampaikan, sebagai salah satu negara terdepan dalam perikanan sudah selayaknya Indonesia belajar banyak dari Jepang. Dengan kerja sama ini, diharapkan Pemerintah Jepang bisa mempengaruhi perusahaannya untuk investasi di Indonesia.

"Memang sudah ada perusahaan Jepang yang relokasi dari Thailand ke Indonesia. Tetapi kami berharap banyak lagi pabrik pengelola ikan Jepang berinvestasi di Indonesia. Sebab, Jepang akan menjadi patner strategis perikanan Indonesia," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top