alexa snippet

Peran Swasta Indonesia Terkecil Dibandingkan Negara ASEAN

Peran Swasta Indonesia Terkecil Dibandingkan Negara ASEAN
Pemerintah diminta memperbanyak peran swasta dalam pembangunan infrastruktur. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia (UI), Athor Subroto menyatakan, peran swasta di Indonesia dalam pembangunan nasional paling kecil dibandingkan dengan negara lain di ASEAN. Menurut dia, peran swasta nasional saat ini hanya 2%.

"Peran pihak swasta nasional kita paling kecil dibandingkan swasta di ASEAN, seperti Filipina, Malaysia, dan Thailand," ungkapnya dalam forum diskusi ekonomi yang digagas PBNU di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Athor menyebutkan dalam data World Bank menyebutkan, sejak 2013, pembangunan di negara-negara berkembang dunia menurun hampir 40%. Namun, Indonesia dan China menjadi pengecualian, dimana pembangunan negaranya terbilang positif. Hanya saja, kata dia, kabar baik tersebut perlu disikapi dengan melibatkan pihak swasta. Selama ini jumlah proyek infrastruktur nasional yang melibatkan swasta masih minim.

Data World Bank, lanjut Athor, menyatakan perbandingan prosentasi peran swasta dalam pembangunan di negara-negara ASEAN cukup baik, hanya saja tidak di Indonesia. Proyek dan peran swasta dalam pembangunan infrastruktur di negeri ini masih 2%. Bandingkan dengan Filipina, sejak 2015, porsi swasta terus bertambah dan kini perannya mencapai 44%.

Hal serupa juga terjadi di negeri jiran Malaysia dan Thailand, yang cukup banyak melibatkan peran swasta. Atas dasar itulah, Athor berharap peran swasta dikembalikan. Tidak hanya proses tander juga ada kemudahan-kemudahan yang diberikan kepada swasta. Sehingga swasta bisa aktif kembali dalam ikut serta membangun negara seperti di negara-negara lain.
(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top