5 Komoditas Global yang Perlu Dipantau Pekan Ini, Harga Minyak Paling Mencemaskan

Senin, 30 Oktober 2023 - 21:24 WIB
loading...
5 Komoditas Global yang Perlu Dipantau Pekan Ini, Harga Minyak Paling Mencemaskan
Konflik Timur Tengah yang terus memanas berpengaruh besar terhadap perkembangan harga komoditas global. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Konflik Timur Tengah yang terus memanas berpengaruh besar terhadap perkembangan harga komoditas global. Sejumlah perusahaan minyak global akan melaporkan kinerja beragam di tengah ketegangan geopolitik dunia.

Emas spot berada di sekitar USD2.000 per ons setelah berada di atas level tersebut pada hari Jumat untuk pertama kalinya sejak bulan Mei di tengah-tengah ketidakpastian ekonomi. Berikut 5 komoditas yang wajib dipantau pekan ini.

1. Emas

Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, prospek ekonomi yang tidak jelas, dan pendapatan perusahaan yang beragam mendorong banyak momentum pada logam mulia. Namun, ini adalah gambaran yang suram untuk aset safe haven.

Akselerasi cepat emas spot ke USD2.000 didorong oleh para trader yang mengambil posisi jual setelah serangan Hamas ke Israel. Namun, kepemilikan global pada reksadana yang diperdagangkan di bursa yang didukung oleh emas terus mengalami arus keluar.



2. Pertanian

Mengutip BNN Bloomberg, harga gula menjadi yang utama dicermati. Harga gula berjangka diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam 12 tahun terakhir karena pasar menimbang prospek suplai yang tidak menentu. Hambatan pengiriman di negara pemasok utama Brasil, menyulitkan menjangkau pasar global. Sementara ekspor yang tersendat-sendat dari India dan Thailand semakin membebani harga.

Hal ini ditambah dengan melonjaknya harga kakao berjangka telah meningkatkan biaya input untuk permen dan cokelat menjelang periode liburan dibarengi konsumsi cenderung mencapai puncaknya. Musim empat besar bagi para pembuat permen dimulai dengan Halloween, yang dirayakan pada tanggal 31 Oktober, dan diikuti oleh Natal, Hari Valentine, dan Paskah, menurut Asosiasi Pembuat Manisan Nasional yang berbasis di Washington.

3. Protein
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)