alexa snippet

Bandara Kertajati Resmi Jadi Bandara Internasional

Bandara Kertajati Resmi Jadi Bandara Internasional
Bandara Kertajati, Jabar resmi berstatus sebagai sebagai bandara internasional. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah pusat dan pemerintah daerah menandatangani kerja sama investasi dan operasi bandara Kertajati, Jawa Barat dalam rangka mengembangkan status bandara sebagai bandara internasional. Penandatanganan dilakukan di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta diwakili Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan Pemda Jabar.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso mengatakan, semula Bandara Kertajati penuh dengan pro dan kontra karena masalah jarak. Pasalnya dengan jarak sejauh 200 km dari Bandara Soekarno Hatta dinilai sebagian masyarakat sangat jauh. Namun karena bandara ini mendapatkan dukungan Presiden akhirnya bisa direalisasikan.

"Ini bukti bahwa visi Bapak Presiden juga sangat baik sekali. Makanya dengan adanya Kertajati pemusatan penumpang akan terbagi sehingga ada yang tidak perlu menembus kemacetan," ujar Agus di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Bandara Internasional Kertajati akan dibangun oleh pemerintah meliputi pembangunan runway, taxiway, maupun appron pesawat. Pembangunan tersebut termasuk pembangunan seluruh fasilitas sisi udara.

"Anggarannya melalui DIPA Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub tersebut akan mulai beroperasi pada pertengahan 2018," imbuhnya.

Bandara yang berlokasi di Kabupaten Majalengka ini setelah beroperasi diharapkan mampu mengurangi kepadatan arus penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng yang saat ini aktivitasnya sudah sangat padat.

Adapun pengerjaan bandara meliputi runway Bandara Kertajati dari 2.500 meter yang telah dirampungkan 2017 menjadi 3.000 meter kali 60 meter pada tahun berikutnya.

"Dengan dimensi runway tersebut, diharapkan pesawat penumpang terbesar di dunia Airbus A380 akan bisa mendarat di Kertajati. Pesawat dua lantai ini bisa menampung 850 penumpang," ujar dia.

Pengamat penerbangan Arista Admadjati mengatakan, pengembangan Bandara Kertajati sebagai bandara internasional akan membagi jumpah penumpang yang ada di Wilayah Barat Jakarta dan Wilayah Tangerang.

"Selama ini masalah jarak memang menjadi pro dan kontra. Namun, kini semakin banyak bandara di wilayah Jakarta dan Jabar tentu akan memberi banyak pilihan kepada penumpang ke daerah tujuan terdekat," tuturnya.

Untuk diketahui, Bandara Kertajati pada tahap awal akan melayani 14 rute, yakni 10 rute domestik dan 4 rute internasional pada tahap pertama pengoperasiannya. Rute internasional tersebut akan melayani Arab Saudi, Singapura, Malaysia, dan Thailand.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top