Menteri Bambang Apresiasi Indonesian SDGs Awards 2017

Jum'at, 15 September 2017 - 07:07 WIB
Menteri Bambang Apresiasi Indonesian SDGs Awards 2017
Menteri Bambang Apresiasi Indonesian SDGs Awards 2017
A A A
JAKARTA - Corporate Forum For Community Development (CFCD) kembali menyelenggarakan Indonesian SDGs Award sebagai tindak lanjut MDGs di Smesco Convention Hall Jakarta, Kamis (14/9/2017).

CFCD merupakan forum bersifat independen yang dibentuk sebagai wadah komunikasi bagi para pelaku corporate social responsibility (CSR) dan penggiat pemberdayan masyarakat sebelumnya sukses menyelenggarakan MDGs Awards pada 2010-2015.

Anugerah ini diberikan kepada dunia usaha dan institusi yang menjalankan best practice tercapainya SDGs di Indonesia. Sebanyak 43 perusahaan telah terdaftar sebagai peserta ISDA 2017. Ajang itu akan menominasikan 112 progam terkait dengan pencapaian 12 dari 17 tujuan SDGs.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyambut baik anugerah Indonesian SDGs Award 2017. "Pemerintah mendukung pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat yang berkontribusi nyata terhadap SDGs di Indonesia. Partisipasi ini menjadi pencapaian utama terwujudnya pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Dan diharapkan bisa menjangkau semua orang di Indonesia di masa depan," ujarnya.

Bambang menambahkan CFCD terus mengkomunikasikan dan memberi pemahaman kepada publik atas aksi-aksi nyata Sustainable Development Goals (SDGs). Pemerintah sendiri akan mengembangkan intensif kepada pelaku SDGs dan penghargaan kepada pelaku usaha SDGs di Tanah Air.

Sementara itu, Ketua Umum CFCD Tri Harjono mengatakan program dan event ini bertujuan memberdayakan masyarakat (empowering people) dan sejalan dengan program pemerintah.

"CFCD berkiprah untuk mengembangkan beberapa program untuk membangun ikatan dan empowering people bersama corporate. Kami melihat program-program yang dilakukan terutama dalam CSR dan itu mengacu pada pemerintah. Kemarin kami bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, beliau melihat ini merupakan langkah yang positif dilakukan oleh CFCD untuk memacu dan memotivasi," ujar Tri.

Dalam acara Indonesian SDGs Award, ada 16 kategori perseorangan dari tingkat manajemen, lapangan dan pelaku mitra untuk mendapatkan penganugerahan. Anggota Komite CSR, Sarwat Fardaniyah, mengutarakan ada beberapa parameter yang diberlakukan untuk menilai para pelaku dan diharapkan bisa memberi efek positif bagi masyarakat dan pelaku usaha.

"Dalam sistem penilaiannya meliputi 3P yaitu penerima manfaatnya, program CSR, dan pencatatannya. Tentu ini semua harus akan dinilai secara ketat, sebab kami ingin semua perusahaan itu memiliki investasi sosial untuk mengentaskan kemiskinan. Tanpa itu kami tak bisa mengukurnya. Kami mengharapkan laporan kami ini bukan hanya kepada Bupati atau Gubernur saja, tapi juga bagi masyarakat dan dunia usaha yang terlibat dalam ISDA Award," tambahnya.

Selain itu, Indonesia SDGs Corporate Summit mengarapkan dapat menjalin sinergitas terutama pemerintah, perusahaan, akademisi dan praktisi. Hal itu bertujuan untuk mencapai target SDGs 2030 di Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4617 seconds (0.1#10.140)