Empat Investor Korsel dan China Lirik Investasi di Kaltara

Jum'at, 15 September 2017 - 14:41 WIB
Empat Investor Korsel dan China Lirik Investasi di Kaltara
Empat Investor Korsel dan China Lirik Investasi di Kaltara
A A A
JAKARTA - Empat investor dari Korea Selatan (Korsel) dan China tertarik berinvestasi di Kalimantan Utara (Kaltara). Mereka tertarik investasi di sektor pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH), smelter, dan pelabuhan.

Empat investor dari Korea dan China langsung mengikuti rapat koordinasi di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman. Hadir pula Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong dan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

(Baca Juga: Kaltara Akan Jadi Konsentrasi Industri Energi Hidro)

"Tadi rapat dengan lembaga dan kementerian serta menetapkan transmisi listriknya, perencanaan pelabuhannya, perencanaan konektivitas jalanan. Hadir investor dari Korea dan China yang tertarik untuk ikut investasi smelter dan tenaga hidro," ujar dia usai rapat koirdinasi di Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Menurutnya, kehadiran empat investor dari China dan Korea ikut langsung saat tahap perencanaan. Karena mereka para investor ingin mengetahui keseriusan pemerintah dalam menjadikan Kaltara sebagai kawasan energi hidro.

"Posisi Kaltara ini kan sangat strategis. Lokasinya di Selat Makasar, sehingga banyak kapal yang membawa biji besi dan batu bara dari Australia. Sehingga, secara teori dapat dibelokkan ke Kaltara," katanya.

Hanya saja, lanjut Lembong, ada beberapa kendala di antaranya, banyak proyek yang tumpang tindih dan ada konflik antar proyek serta juga perlu sinergi dengan sekelilingnya. Sehingga, harus diselaraskan pemerintah pusat.

Lembong menambahkan, untuk mewujudkan program di atas, maka Kaltara tidak bisa sendiri. Tetapi harus menggandeng dengan daerah lain di anataranya, Kaltim serta dengan Sabah, Malaysia. Karena itu lebih masuk akal lagi sinergi dengan tetangga baik secara domestik maupun internasional.

"Apalagi, kami dapat info Sabah juga kekurangan listrik. Jadi kalau kita bisa bangun listrik tenaga hidro di Kaltara maka kita bisa ekspor listrik ke Sabah," terang dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4675 seconds (0.1#10.140)