Bukti Nyata, Ekonomi Israel Terguncang Akibat Perang dengan Hamas

Selasa, 31 Oktober 2023 - 21:11 WIB
loading...
Bukti Nyata, Ekonomi Israel Terguncang Akibat Perang dengan Hamas
Ketahanan ekonomi Israel sedang diuji hingga ke batas maksimal ketika perang melawan Hamas memasuki tahap kedua. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Ketahanan ekonomi Israel senilai USD520 miliar sedang diuji hingga ke batas maksimal ketika perang melawan Hamas memasuki tahap kedua.

Israel mengerahkan 350.000 tentara cadangan sebelum serangan darat ke Gaza, menguras sekitar 8% tenaga kerja. Angka-angka tersebut bahkan lebih tinggi untuk sektor teknologi yang menjadi tulang punggung negara tersebut, menurut perkiraan lembaga nirlaba Startup Nation Central.



Sementara, lebih dari 120.000 warga Israel telah dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka seiring dengan meningkatnya konflik. Pemanggilan militer, dikombinasikan dengan penutupan sebagian kantor dan lokasi konstruksi, telah memicu jatuhnya aktivitas secara tiba-tiba dan menjungkirbalikkan segala sesuatu mulai dari perbankan hingga pertanian mendorong perbandingan dengan dampak pandemi Covid-19.

Pemerintah kehilangan setara dengan USD2,5 miliar per bulan, menurut Mizrahi-Tefahot, pemberi pinjaman utama Israel. Konsumsi swasta turun hampir sepertiga pada hari-hari setelah perang pecah, relatif terhadap rata-rata minggu pada tahun 2023, menurut lembaga kliring sistem pembayaran Shva.

Dalam satu ukuran, penurunan pembelian kartu kredit lebih mengerikan daripada yang dialami Israel pada puncak pandemi pada tahun 2020, menurut Bank Leumi yang berbasis di Tel Aviv. Hampir setengah dari 500 perusahaan teknologi tinggi yang disurvei minggu lalu melaporkan pembatalan atau penundaan perjanjian investasi.

Mengutip BNN Bloomberg, biaya ekonomi dari konflik ini mungkin akan mencapai setidaknya 27 miliar shekel, menurut Bank Hapoalim, atau 1,5% dari PDB Israel.

Pemerintah Israel telah menjanjikan stimulus yang lebih besar daripada yang diberikan selama pandemi virus corona. Namun, para anggota parlemen dan pemilik bisnis telah mengkritik program bantuan tersebut, yang awalnya ditetapkan sebesar 4,5 miliar shekel atau USD1,1 miliar untuk bulan Oktober dan mungkin lebih dari tiga kali lipatnya untuk bulan berikutnya karena tidak mencukupi.



Lembaga-lembaga pemeringkat telah menanggapi dengan peringatan yang membawa Israel semakin dekat dengan penurunan peringkat untuk pertama kali. Biaya finansial dari perang ini juga terlihat jelas di pasar. Saham-saham Israel mengalami kinerja terburuk di dunia sejak perang meletus, dengan indeks utama di Tel Aviv turun 15% dalam bentuk dolar, setara dengan USD25 miliar.

Mata uang shekel telah melemah ke level terendah sejak tahun 2012, sebelum memangkas beberapa kerugiannya. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memperingatkan akan adanya kampanye militer yang panjang dan sulit. Jangkauan geografis dan durasi konflik akan menentukan sejauh mana dampak ekonomi jangka panjang.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)