Baca Qur’an Serentak di 5 Benua, Yusuf Mansur Bersyukur Daarul Qur'an Raih Rekor MURI Dunia

Rabu, 01 November 2023 - 08:38 WIB
loading...
Baca Qur’an Serentak di 5 Benua, Yusuf Mansur Bersyukur Daarul Quran Raih Rekor MURI Dunia
Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Quran meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas Rekor Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dari Satu Surah Serentak di Lima Benua dengan Peserta Terbanyak pada Selasa (31/10/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas Rekor Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dari Satu Surah Serentak di Lima Benua dengan Peserta Terbanyak pada Selasa (31/10/2023).

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Customer Relation Director MURI Andre Purwandono kepada KH. Yusuf Mansur selaku Pendiri dan Pimpinan Daarul Qur'an yang juga Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo untuk Dapil DKI Jakarta I (Jakarta Timur).

Pembacaan Al-Qur'an, surah Al-Mulk, tersebut dilaksanakan pada 3 Juli 2023, digelar secara offline dan online yang diikuti oleh para ustad, santri, alumni, jamaah, donatur, dan keluarga besar Daarul Qur'an lainnya. Uniknya kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh keluarga besar Daqu di Indonesia saja, tapi juga di berbagai negara yang tersebar di lima benua.

Baca Qur’an Serentak di 5 Benua, Yusuf Mansur Bersyukur Daarul Qur'an Raih Rekor MURI Dunia




Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari milad ke 20 tahun Daarul Qur'an yang jatuh pada 5 Juli 2023. Pembacaan Al-Qur'an yang diikuti peserta dari lima benua tersebut merupakan afirmasi dakwah Islam yang dikembangkan Daarul Qur'an akan tersebar di seluruh dunia.

Purwandono mengatakan ini merupakan kegiatan pertama yang tercatat di MURI. Hal inilah yang membuat MURI antusias saat melakukan verifikasi kegiatan membaca satu surah Al-Qur'an yang diikuti dari 5 benua ini.

"Kita pernah ada kegiatan khatam Qur'an dengan peserta terbanyak, membaca Al-Qur'an dengan berbagai metode. Namun, membaca Al-Qur'an serentak yang diikuti peserta dari 5 benua ini yang pertama kita temui dan maka itu layak masuk dalam catatan rekor MURI," ujar Handono.

Sementara itu, Yusuf Mansur mengatakan ini merupakan rekor MURI ketiga bagi Daarul Qur'an setelah pada 2010 dan 2014 lewat acara Wisuda Akbar. Ini menjadi bukti Daarul Qur'an tetap berinovasi dalam dakwah Al-Qur'an di seluruh dunia.

"Terima kasih kepada MURI dan utamanya juga kepada keluarga besar Daqu yang tetap membersamai dakwah Daarul Qur'an hingga usia ke-20 tahun ini, dan kita kembalikan lagi prestasi ini dengan mengucap syukur kepada Allah SWT," ujar Yusuf Mansur.

Yusuf Mansur juga menyebutkan banyak inisiasi yang dilakukan oleh Daarul Qur'an dalam memotivasi masyarakat untuk belajar membaca, menghafal sekaligus mentadaburi Al-Qur'an. Satu contoh misalnya gerakan rumah tahfizh yang diinisiasi oleh Daarul Qur'an sejak 2009 yang kini telah menjamur di Indonesia dan juga berdiri di beberapa negara.

"Nanti kita akan ajukan juga kepada MURI untuk mencatat sekaligus memverifikasi keberadaan rumah tahfizh yang kini tidak hanya didirikan oleh Daarul Qur'an dan embrionya, tetapi juga masyarakat umum," pungkas Yusuf Mansur.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5267 seconds (0.1#10.140)