alexametrics

Northrop Grumman Beli Perusahaan Pembuat Rudal Rp103 Triliun

loading...
Northrop Grumman Beli Perusahaan Pembuat Rudal Rp103 Triliun
Northrop Grumman berencana membeli perusahaan pembuat rudal Orbital sebesar USD7,8 miliar. Foto/CNBC
A+ A-
LOS ANGELES - Kontraktor pertahanan dan aeroangkasa Amerika Serikat, Northrop Grumman Corp (NOC) pada Senin (18/9/2017) mengumumkan rencana pembelian perusahaan pembuat rudal dan roket, Orbital ATK Inc (OA) dengan biaya USD7,8 miliar atau setara Rp103 triliun (estimasi kurs Rp13.260 per USD). Akuisisi ini bagian dari strategi mendirikan sektor bisnis baru NOC.

Mengutip dari Reuters, Orbital selama ini merupakan perusahaan yang memiliki kontrak miliaran dolar dengan lembaga antariksa AS, NASA dan Angkatan Bersenjata Amerika. Kesepakatan akuisisi tersebut diperkirakan rampung pada semester I 2018. Pembelian ini disebut-sebut terkait semakin gencarnya Korea Utara melakukan uji rudal, sehingga membuat Northrop memusatkan perhatian pada sistem pertahanan rudal.

Sejatinya, kabar pembelian ini mulai santer sejak akhir pekan lalu. Alhasil, rencana pembelian ini telah mendongkrak saham Northrop pada perdagangan Jumat (15/9) ditutup menjadi USD134,50 per lembar saham. Dan harga saham Orbital naik 22% ke level USD131,70 per lembar saham.



Seiring dengan rencana pembelian, performa Northrop selama tahun ini terbilang mumpuni. Perusahaan yang bermarkas di Los Angeles, California, menargetkan penjualan tahun 2017 sebesar USD30 miliar atau setara Rp397,8 triliun.

Dalam akuisisi tersebut, Northrop akan menanggung utang bersih Orbital sebesar USD1,4 miliar atau Rp18,5 triliun, yang menjadi bagian dari kesepakatan. Menurut Reuters, adapun dalam rencana akuisisi ini, pihak Parella Weinberg Partners LP menjadi penasihat keuangan Northrop, sementara Citigroup menjadi penasihat keuangan Orbital.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak