Di mana Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Jakarta? Ini Sebaran Wilayahnya

Kamis, 02 November 2023 - 17:38 WIB
loading...
Di mana Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Jakarta? Ini Sebaran Wilayahnya
Kasus cacar monyet kini mulai terdeteksi di beberapa wilayah Jakarta. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus cacar monyet kini mulai merebak di Indonesia, bahkan terjadi peningkatan di beberapa wilayah, termasuk Jakarta. Hal tersebut lantas mendapat perhatian nasional saat ini.

Menurut laman Portal Informasi Indonesia, dari catatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, terdapat 17 kasus cacar monyet yang terjadi di DKI Jakarta pada 28 Oktober 2023.

Angka tersebut meningkat dari tiga hari sebelumnya yang hanya ditemukan 15 kasus. Hingga saat ini kasus tersebut terus meningkat dan tercatat telah berjumlah 24 orang untuk periode Oktober-1 November 2023.

Pasien penderita cacar monyet langsung mendapat pengawasan penuh dengan menjalankan isolasi di rumah. Seperti diketahui, cacar monyet merupakan penyakit yang dapat menular melalui kontak seksual.



Penyakit tersebut pertama kali ditemukan pada 1958 di Republik Demokratik Kongo pada monyet untuk penelitian. Baru pada 1970, cacar monyet baru ditemukan berjangkit pada manusia di Kongo dan Sudan.

Penyakit ini menyebar melalui kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi, seperti monyet, tupai, atau tikus.

Kasus Cacar Monyet di Jakarta


Menurut data Dinas Dinas Kesehatan DKI menyebutkan, kasus cacar monyet di Jakarta terdeteksi setidaknya enam wilayah, yaitu Jatinegara, Mampang, Kebayoran Lama, Setiabudi, Grogol dan Kembangan.

Kasus tersebut diperkirakan sudah menyebar ke daerah lain, termasuk Tangerang, Banten. Pasien yang menderita penyakit cacar monyet kebanyakan adalah laki-laki usia produktif.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)