Peduli Edukasi, Perusahaan Otomotif Ini Mulai Revitalisasi SD Sepaku di IKN

Kamis, 02 November 2023 - 10:57 WIB
loading...
Peduli Edukasi, Perusahaan Otomotif Ini Mulai Revitalisasi SD Sepaku di IKN
Presiden Jokowi memulai proses revitalisasi SD Sepaku di IKN yang diinisiasi oleh Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim. Foto/IST
A A A
JAKARTA - PT Astra International Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di industri otomotif. Melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) telah melaksanakan groundbreaking revitalisasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020 Sepaku, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Revitalisasi tersebut merupakan bagian dari rangkaian pembangunan sarana dan prasarana publik, area komersial, dan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui kolaborasi multi pihak antara Pemerintah Pusat, Badan Otorita IKN, Pemerintah Daerah, dan masyarakat setempat.

Acara groundbreaking SDN 020 Sepaku, turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Erick Thohir.



Selain itu ada juga Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Direktur Astra Gita Tiffani Boer, dan Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim. “Saya senang bahwa rehabilitasi SDN 020 Sepaku nantinya akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang baik. Saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim semoga ini jadi bermanfaat bagi masyarakat kita,” ujar Jokowi dalam siaran resmi, Rabu (1/11/2023).

Revitalisasi SDN 020 Sepaku, dirancang untuk memberikan lingkungan pembelajaran kelas yang dilengkapi oleh teknologi terkini yang hemat energi, dan fasilitas yang mendorong perkembangan holistik dan keunggulan akademik. Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengatakan, konsep tersebut mencakup ruang terbuka hijau, dan dilengkapi dengan laboratorium ilmu pengetahuan, laboratorium komputer, perpustakaan digital, serta fasilitas olahraga untuk mendukung perkembangan fisik dan intelektual para siswa.



"Kami berharap pasca revitalisasi, SDN 020 Sepaku dapat menjadi sekolah yang unggul, cerdas, dan berkelanjutan, dan dapat menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lainnya, sehingga mengakselerasi ekosistem pendidikan sekolah dasar yang berkualitas di Ibu Kota Nusantara,” ujar Gita.

Selain pembinaan untuk SDN 020 Sepaku, YPA-MDR telah melakukan pembinaan serupa di 14 sekolah di IKN Nusantara sejak Juli 2023. Sehingga secara keseluruhan, hingga saat ini YPA-MDR telah memiliki 136 sekolah binaan untuk wilayah Kalimantan Timur.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)