Indonesia Ekspor Hewan Ternak ke Singapura

Minggu, 24 September 2017 - 16:03 WIB
Indonesia Ekspor Hewan Ternak ke Singapura
Indonesia Ekspor Hewan Ternak ke Singapura
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan Indonesia saat ini sudah berhasil mengekspor beberapa hewan ternak ke sejumlah negara. Bahkan, peternak Indonesia sudah mampu mengekspor babi ke Singapura.

Selain babi, kata Amran, peternak Indonesia juga telah mengekspor kambing dan domba ke beberapa negara. Saat ini, nilai ekspor nasional naik sekitar 22%.

"Nilai ekspor kita (naik) 22%. Kita sudah ekspor kambing, ayam ke beberapa negara. Termasuk babi, kita ekspor ke Singapura," ujarnya di acara Jambore Peternak Nasional 2017 di Buperta Cibubur, Jakarta, Minggu (24/9/2017).

Menurutnya, keberhasilan Indonesia mengekspor hewan ternak salah satunya karena hasil program upaya khusus (upsus) sapi indukan wajib bunting (Siwab). Melalui program ini, setiap hewan ternak indukan diwajibkan untuk berkembangbiak. Hasilnya, pada tahun lalu, program tersebut mampu menghasilkan 1,4 juta ekor sapi.

"Dengan program Siwab, enggak boleh berkeliaran di Indonesia kalau tidak bunting. Tahun lalu, 1,4 juta ekor sapi yang lahir. Nilainya selama dua tahun itu Rp 70 triliun," imbuh dia.

Dengan adanya program tersebut, Amran menargetkan bahwa Indonesia akan mencapai swasembada protein. Diharapkan, program ini bisa menghasilkan lebih banyak hewan ternak seperti sapi sehingga Indonesia tidak tergantung pada impor.

"Sesungguhnya kita swasembada protein, tapi kita selalu mengatakan swasembada daging sapi. Untuk mencapai swasembada, kami yakin bisa lebih cepat," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2479 seconds (0.1#10.140)