Ribuan Demonstran Kepung Pangkalan Militer AS di Turki

Sabtu, 04 November 2023 - 18:50 WIB
loading...
Ribuan Demonstran Kepung Pangkalan Militer AS di Turki
Konvoi ribuan demonstran mengepung pangkalan militer AS di Turki. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sebuah “konvoi kemerdekaan untuk Palestina ” sedang dalam perjalanan dari Istanbul ke pangkalan militer Amerika Serikat di Turki selatan sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Gaza ketika Israel melancarkan perang di daerah kantong yang terkepung tersebut.

Mobil dan van yang mengibarkan bendera Palestina dan beberapa bendera Turki berangkat dari Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul pada Jumat pagi dan menuju ke kota Adana, tempat Pangkalan Udara Incirlik berada.

Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH), organisasi nirlaba Turki yang menyelenggarakan acara tersebut, mengatakan ratusan kendaraan melaju menuju ibu kota Turki, Ankara, pada Jumat sore dan diperkirakan akan ada lebih banyak lagi pengunjuk rasa yang bergabung saat konvoi berhenti di kota-kota sepanjang perjalanan mencakup hampir 1.000 km.

Konvoi yang berangkat dari tiga kota Turki lainnya – Kahramanmaras, Kayseri dan Van – juga diperkirakan akan mencapai Adana pada hari Minggu, tempat para demonstran berencana mengepung Pangkalan Udara Incirlik untuk memprotes dukungan AS terhadap Israel dan menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Angkatan udara AS dan Turki adalah pengguna utama pangkalan udara tersebut, yang telah digunakan untuk melakukan misi tempur di Irak selama Perang Teluk pertama dan melancarkan serangan udara ke Afghanistan. Pangkalan tersebut juga telah digunakan oleh koalisi pimpinan AS yang memerangi ISIS (ISIS).

Baca Juga: 56 Pejuang Tewas Diserang Israel, Kapan Hizbullah Akan Balas Dendam?

Sebuah bus putih dengan spanduk bertuliskan “Konvoi Kebebasan untuk Palestina” terlihat menonjol di antara puluhan kendaraan yang berangkat dari Istanbul, diikuti oleh kelompok lokal pro-Palestina dan beberapa aktivis internasional.

Para pengunjuk rasa, termasuk keluarga dengan anak-anak, berkumpul di tempat parkir yang luas di mana mereka membentangkan plakat dengan slogan-slogan seperti “Kita semua orang Palestina” dan “Anda tidak bisa diam.”

“Orang-orang sangat antusias untuk pergi ke pangkalan udara Amerika,” ungkap Mary Annette Wright, pensiunan kolonel tentara AS berusia 77 tahun dan mantan diplomat AS yang ikut serta dalam demonstrasi tersebut, mengatakan kepada Al Jazeera.

Turki telah mengambil posisi tegas dalam mengkritik tindakan Israel. Presiden Recep Tayyip Erdogan membatalkan perjalanan ke Israel pada akhir Oktober karena apa yang ia gambarkan sebagai perang “tidak manusiawi” di Gaza. Ketika berpidato di depan demonstrasi besar-besaran pro-Palestina pekan lalu, Erdogan juga menyebut Israel sebagai “penjajah”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)