13 Alasan Mengapa Umat Islam Wajib Mencintai dan Membela Palestina

Minggu, 05 November 2023 - 06:50 WIB
loading...
13 Alasan Mengapa Umat Islam Wajib Mencintai dan Membela Palestina
Seorang warga muslim Palestina memanjatkan doa di dekat Kubah Shakhrah Masjid Al-Aqsha Yerusalem Palestina beberapa waktu silam. Foto/ Ahmad Gharabli/AFP/Getty Images
A A A
Ada banyak alasan syar'i yang mewajibkan umat Islam membela dan mencintai Palestina. Bumi Palestina yang dikenal dengan Syam termasuk salah satu negeri yang diberkahi Allah di muka bumi di samping Makkah dan Madinah.

Sebagaimana Allah mengutamakan sebagian bulan atas bulan lainnya (Ramadhan dan empat bulan haram), Allah juga mengistimewakan sebagian hari atas hari lainnya (yakni Jumat). Begitu juga halnya, Allah mengutamakan sebagian masjid atas masjid lainnya (Masjid Al-Haram, Nabawi dan Al-Aqasha). Allah juga mengutamakan sebagian negeri atas negeri lainnya seperti Makkah, Madinah, dan Baitul Maqdis (Palestina).

Palestina hari ini menjadi perhatian dunia karena invasi Israel yang terus memborbardir negeri para Nabi itu. Sebanyak 9.000 warga Gaza Palestina gugur syahid, 21.000 lebih terluka. Dikabarkan masih ada sekitar 2.000 orang tertimbun di reruntuhan bangunan Gaza.

Sebenarnya tidak perlu menjadi seorang Muslim untuk membela Palestina. Video dan foto-foto yang beredar di layar kaca dan media sosial cukuplah menjadi bukti betapa warga Palestina sangat menderita akibat serangan Israel. Tak ada tempat berlindung lagi, semua akses diblokade, yang tersisa hanyalah beberapa rumah sakit. Itu pun tetap rawan karena Israel beberapa kali membom RS di Gaza.

Mereka yang tak terluka, sebagian memilih tinggal di kamp pengungsi meski beberapa kali diserang Israel. Ada juga yang dievakuasi ke luar Gaza untuk menghindari rudal Israel. Sebagian memilih bertahan di bawah reruntuhan dan jalan-jalan Gaza. Sungguh keimanan kaum muslim Palestina khususnya warga Gaza membuat kita iri sekaligus menaruh simpati.

Rasulullah ﷺ pernah bersabda: "Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, menyayangi, dan mengasihi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya)." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut 13 Alasan Mengapa Umat Islam Wajib Membela Palestina :

1. Negeri yang Diberkahi Allah
Palestina yang merupakan bagian dari Syam adalah salah satu negeri yang diberkahi Allah Ta'ala. Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

سُبۡحٰنَ الَّذِىۡۤ اَسۡرٰى بِعَبۡدِهٖ لَيۡلًا مِّنَ الۡمَسۡجِدِ الۡحَـرَامِ اِلَى الۡمَسۡجِدِ الۡاَقۡصَا الَّذِىۡ بٰرَكۡنَا حَوۡلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنۡ اٰيٰتِنَا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيۡعُ الۡبَصِيۡرُ

Artinya: "Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa (Palestina) yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS. Al-Isra ayat 1)

Kemudian di ayat lain, Allah berfirman:

وَنَجَّيْنَاهُ وَلُوطًا إِلَى الْأَرْضِ الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا لِلْعَالَمِينَ

Artinya: "Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia." (QS Al-Anbiya ayat 71)

2. Tanah yang Disucikan Allah
Palestina merupakan Tanah yang disucikan Allah sejak zaman Nabi Musa 'alaihissalam. Allah berfirman (melalui lisan Nabi Musa) dalam Al-Qur'an:

يٰقَوۡمِ ادۡخُلُوا الۡاَرۡضَ الۡمُقَدَّسَةَ الَّتِىۡ كَتَبَ اللّٰهُ لَـكُمۡ وَلَا تَرۡتَدُّوۡا عَلٰٓى اَدۡبَارِكُمۡ فَتَـنۡقَلِبُوۡا خٰسِرِيۡنَ

Artinya: "Wahai kaumku! Masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang yang rugi." (QS. Al-Maidah Ayat 21)

3. Kiblat Pertama Umat Islam
Alasan berikutnya yang mewajibkan kita mencintai dan membela Palestina adalah, negeri ini pernah menjadi kiblat pertama umat Islam sebelum beralih ke Makkah.

عن البراء بن عازب رضي الله عنه قال : (صَلَّيْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ سِتَّةَ عَشَرَ أَوْ سَبْعَةَ عَشَرَ شَهْرًا ثُمَّ صَرَفَهُ نَحْوَ الْقِبْلَةِ)

Artinya: "Dari Barra bin 'Azib berkata: "Kami shalat bersama Nabi ﷺ menghadap Baitul Maqdis (Palestina) selama 16 bulan kemudian berpindah menghadap Kiblat." (HR Al-Bukhari)

4. Negeri yang Didoakan Rasulullah
Selain diberkahi Allah Ta'ala, Palestina juga pernah didoakan oleh Rasulullah ﷺ. Beliau mendoakan Syam dan negeri Yaman sebagaimana Hadis berikut:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)