Status Gunung Agung Tak Pengaruhi Inflasi Bali

Senin, 02 Oktober 2017 - 13:59 WIB
Status Gunung Agung Tak Pengaruhi Inflasi Bali
Status Gunung Agung Tak Pengaruhi Inflasi Bali
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi September sebesar 0,13%. Namun, ada beberapa kota yang mencatat deflasi karena adanya penurunan harga komoditas, salah satunya di beberapa kota di Bali.

(Baca Juga: Inflasi September 2017 Masih Terkendali 0,13%)

Mengetahui fakta tersebut, Kepala BPS Ketjuk Suhariyanto menegaskan, kondisi Gunung Agung yang saat ini sedang dalam status awas-waspada, tidak berpengaruh terhadap harga komoditas kota-kota di Bali.

"Untuk Bali tidak ya, karena kami lacak di Denpasar dan Singaraja, itu justru deflasi. Jadi menurut kami tidak berpengaruh ke harga ya," kata dia di kantornya, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Pihaknya berharap, dengan status Gunung Agung tersebut, tidak akan menjadi bencana yang akan menimpa Bali. Meski demikian, pihaknya akan terus memantau bergerakan harga di beberapa kota di Bali.

(Baca Juga: BPS Catat Bahan Makanan Deflasi 0,53% September 2017)

Sementara untuk pariwisata, saat ini belum terdapat dampak signifikan, karena aktivitas pariwisata masih seperti biasanya. Para pengungsi juga sudah banyak yang pulang di kawasan kaki Gunung Agung.

"Tapi kita perlu lihat seberapa masif nanti, karena banyak pengungsi sudah balik. Mudah-mudahan erupsi tidak sebesar yang dikhawatirkan," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6258 seconds (0.1#10.140)