alexametrics

Rini Minta Harga Rumah TOD Turun Jadi Rp7 Juta per Meter

loading...
Rini Minta Harga Rumah TOD Turun Jadi Rp7 Juta per Meter
Menteri BUMN Rini Marini Soemarno. Foto/Koran SINDO
A+ A-
DEPOK - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta Perum Perumahan Nasional (Perumnas) menurunkan harga hunian berkonsep transit oriented development (TOD) menjadi Rp7 juta per meter persegi (m2). Hal ini diungkapkannya saat meresmikan pembangunan proyek TOD Depok di Stasiun Pondok Cina.

Dia mengatakan, harga awal yang ditawarkan Perumnas sebelumnya berkisar Rp8,5 juta hingga Rp9 juta per m2. Karena itu, dia meminta untuk diturunkan harganya, mengingat lahan yang digunakan adalah lahan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

"Itu perhitungan Rp7 juta per m2 dengan standar yang sama ya. Kalau sebelumnya itu kan biarpun standar yang sama tapi mereka biasanya Rp8,5-Rp9 juta per m2. Ini kami tekankan karena ini kerja sama dengan KAI. Lahannya KAI, dengan lahan kita sendiri, bisa memberikan subsidi buat MBR (masyarakat berpenghasilan rendah)," katanya di Stasiun Pondok Cina, Depok, Senin (2/10/2017).



Tidak hanya itu, mantan Bos Astra ini juga meminta agar proyek tersebut dapat meningkatkan jumlah hunian untuk MBR. Jika biasanya hunian untuk MBR hanya dialokasikan sekitar 25% dari seluruh proyek, dia meminta agar jumlahnya dinaikkan menjadi sekitar 30%.

"Makanya kita menekankan, MBR itu biasanya 25%, tapi kita sekarang menekankan kalau yang BUMN minimal harus 30%. Lagian ini lokasi premium. Biasanya lokasi premium jarang mau memberikan MBR. Nah kita mau menekankan kalau yang konstruksinya dari BUMN, harus 30%," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak