alexa snippet

4.502 Lulusan STAN Siap Merambah 11 Kementerian

4.502 Lulusan STAN Siap Merambah 11 Kementerian
Acara wisuda 4.502 mahasiswa PKN STAN. Foto/SINDOnews/Hambali
A+ A-
TANGERANG SELATAN - Birokrasi kompleks menjadi penghambat daya saing Indonesia. Seiring dengan reformasi birokrasi yang terus digelorakan, pemerintah juga menjaring calon-calon birokrat, salah satunya dari Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN yang mewisuda 4.502 mahasiswa di Gedung Student Center PKN STAN, Jalan Utama Bintaro Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Prosesi wisuda sendiri berlangsung selama dua hari, yakni Selasa (3/10/2017) hingga Rabu (4/10/2017). Pada hari ini, sebanyak 2.318 mahasiswa yang diwisuda, dan hari kedua tercatat ada 2.184 mahasiswa menjalani prosesi itu.

Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN, Rahmadi Murwanto memaparkan, sejumlah mahasiswa mendapat lulusan terbaik dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mencapai 4.00. Mereka berasal dari berbagai jurusan, seperti Program Studi Pajak, Kepabeanan dan Cukai, Perpajakan, Akuntasi.

Lulusan tersebut berasal dari Diploma 1 (D1) Program Studi Pajak sebanyak 1.940 orang, D1 Kebendaharaan Negara sebanyak 49 mahasiswa, D1 Kepabeanan dan Cukai 997 mahasiswa, D3 Penilai PBB 37 mahasiswa, D3 Pajak 337 mahasiswa, D3 Manajemen Aset 36 Mahasiswa.

Lalu dari D3 Kebendaharaan Negara sebanyak 227 mahasiswa, D3 Kepabean dan Cukai 154 mahasiswa, D3 Akuntansi Alih Program 252 mahasiswa, D3 Akuntansi 1.463 mahasiswa, dan D4 Akuntansi sebanyak 150 wisudawan.

"Kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya pada para wisudawan, gunakan bekal ilmu yang telah kalian dapat untuk jenjang baru yang akan kalian  hadapi berikutnya," imbuhnya.

PKN STAN sebelumnya dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN), dimana sekolah kedinasan ini menghasilkan lulusan dalam bidang pengelolaan keuangan negara.

Para lulusan PKN STAN tidak hanya akan menempati posisi di Kementerian Keuangan, juga pada 10 Kementerian lainnya, yaitu Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Selanjutnya, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Narkotika Nasional, dan Badan Ekonomi Kreatif.

Dan diharapkan para lulusan STAN ini terus meningkatkan peran dan reformasi birokrasi dalam meningkatkan daya saing dan membangun perekonomian Indonesia.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top