Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Kamis, 05 Oktober 2017 - 15:03 WIB
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia
A A A
CALIFORNIA - Sulit membayangkan seorang miliarder pada awal kariernya bekerja sebagai penjual sandwich, membalikan burger atau menyimpan rak. Tapi, banyak orang terkaya di dunia yang benar-benar berasal dari awal yang sangat sederhana.

Mereka saat ini mungkin bisa menaiki jet pribadi dan menjalankan perusahaan yang sukses, namun miliarder seperti Warren Buffett, Richard Branson dan Elon Musk masing-masing membangun kesuksesan mereka benar-benar dari awal.

Seperti dikutip dari CNBC, Kamis (5/10/2017), berikut 15 miliarder terkenal yang memulai karier dengan gaji kecil lalu belajar untuk menjadi miliarder.

1. David Geffen

Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia
Nilai bersih: USD7,3 miliar
Pekerjaan pertama: Mailroom clerk, 1964
Gaji saat itu: USD1,60 per jam
Gaji hari ini: USD12,64 per jam

Miliarder hiburan David Geffen memulai kariernya di agen untuk menyorit surat. Geffen belajar membuka surat dan membaca memo di atas meja secara terbalik-menurut wawancara New Yorker dengan presiden agen Dave Wirtschafter yang membantunya mengetahui bagaimana dia bisa menjadi lebih bernilai bagi perusahaan.

Dia kemudian pergi untuk menemukan Asylum Records, Geffen Records dan DreamWorks SKG.

2. Giorgio Armani
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD6,6 miliar
Pekerjaan pertama: asisten fotografer, 1957
Gaji saat itu: USD1,38 per jam
Gaji hari ini: USD12 per jam

Jauh sebelum tuntutan kekuatan tanda tangannya mengubah dunia mode, Giorgio Armani bertugas di militer Italia. Pada saat itulah dia tertarik pada fashion.

"Saya melakukan tugas militer saya dan saya berlibur 20 hari di Milan," katanya kepada majalah Time pada 2009.

Seorang teman bertanya apakah dia ingin mendapatkan uang ekstra untuk membantu seorang fotografer di sebuah department store dan ikon mode masa depan. Begitu layanan militer Armani selesai, dia pergi bekerja di La Rinascente, sebuah department store terkenal di Milan, di mana karier desainnya dimulai.

3. Travis Kalanick
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD6,3 miliar
Pekerjaan pertama: Penjualan door-to-door, 1998
Gaji Saat itu: USD10,26 per jam
Gaji hari ini: USD15,36 per jam

Pendiri Uber dan mantan CEO Travis Kalanick bekerja di penjualan door-to-door, menjual pisau untuk Cutco saat masih remaja. Semangat wirausahanya berkembang dan pada usia 18 tahun dia memulai bisnis pertamanya, kursus persiapan SAT yang disebut Akademi Cara Baru.

Kalanick belajar teknik komputer di UCLA tapi keluar pada 1998 untuk bekerja di dunia startup. Risikonya pun terbayar-Uber dihargai USD69 miliar dan beroperasi di sekitar 600 kota di seluruh dunia.

4. Evan Spiegel
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD4 miliar
Pekerjaan pertama: Promotor Red Bull, 2008
Gaji saat itu: USD385 per bulan
Gaji hari ini: USD438 per bulan

Ketika pendiri Snapchat Evan Spiegel masih berada di sekolah menengah atas di sekolah Crossroads eksklusif Santa Monica, dia menginternir Red Bull untuk mempromosikan minuman energi di bar dan klub.

Setelah lulus SMA, Spiegel melanjutkan untuk mempelajari desain produk di Stanford, di mana dia bertemu dengan rekan Snapchat masa depannya Reggie Brown dan Bobby Murphy.

5. Alexander Spanos
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD2,4 miliar
Pekerjaan pertama: pembuat sandwich
Gaji: N/A

Pemilik Los Angeles Chargers Alex Spanos memulai perjalanannya ke miliaran pada 1951, saat dia meminjam USD800 untuk membeli sebuah truk untuk menjual sandwich ke pekerja migran di San Joaquin Valley.

Spanos dan istrinya membuat sandwich di malam hari, sehingga dia bisa berkeliling menjualnya keesokan harinya.

Baru lima tahun kemudian, Spanos adalah seorang jutawan dan secara aktif berinvestasi di bidang real estate. Pada 1982 dia membeli bagian dari San Diego Charger dan menghabiskan 10 tahun berikutnya secara perlahan membeli kepemilikan seluruh tim, yang sekarang bernilai lebih dari USD2 miliar.

6. Ted Turner

Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD2,3 miliar
Pekerjaan pertama: Ad executive, 1960
Gaji saat itu: USD6,541 per tahun
Gaji hari ini: USD54.095 per tahun

Pendiri CNN-filantropis bermimpi untuk bergabung dengan Angkatan Laut, namun takdir memilih rencana lain. Setelah dikeluarkan dari Universitas Brown karena memiliki seorang wanita di kamar asramanya, Ted Turner mulai bekerja untuk biro iklan ayahnya.

Dia menunjukkan bakat alami untuk bisnis ini dan lebih dari dua kali lipat pendapatan kantornya selama tahun pertama bekerja. Turner akhirnya mengambil alih bisnis, yang dia jual ke Time Warner seharga USD7,5 miliar pada 1996.

7. Roger Penske

Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD1,6 miliar
Pekerjaan pertama: Pengemudi mobil balap, 1962
Gaji: N/A

Sebelum memulai perusahaan jasa transportasi, Roger Penske adalah seorang pebalap mobil balap. Sebagai pengusaha muda, Penske menjual mobil balap sampai keputusan yang menentukan mengubah hidupnya.

"Saya diminta untuk mengikuti tes pengemudi di Indianapolis 500 sekitar 1965, dan saya tidak dapat melakukannya karena saya memiliki pekerjaan, dan saya harus meneruskannya," kata Penske kepada Automotive News.

Mario Andretti mengikuti tesnya dan menjadi salah satu pebalap mobil balap terbesar sepanjang masa. Penske mungkin tidak menjalani mimpi balapnya, tapi dengan kekayaan bersih sebesar USD1,6 miliar, sepertinya dia berhasil melaju dengan cukup baik.

8. Jack Dorsey

Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia
Nilai bersih: USD1,3 miliar
Pekerjaan pertama: Software engineer, 1991
Gaji saat itu: USD44.971 per tahun
Gaji hari ini: USD80.825 per tahun

Mungkin tidak mengherankan bahwa pekerjaan utama pendiri Twitter Jack Dorsey ada di perangkat lunak komputer. Ketika masih menjadi murid SMA di St. Louis, raksasa teknologi menjadi terpesona dengan pemrograman komputer-terutama mengelola armada taksi dan kendaraan pengantar.
Pada usia 15 tahun, Dorsey menulis pengiriman perangkat lunak yang masih digunakan oleh beberapa perusahaan taksi hari ini.

9. Bruce Nordstrom

Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD1,2 miliar
Pekerjaan pertama: associate Stockroom, 1942
Gaji saat itu: 25 sen per jam
Gaji hari ini: USD21.100 per tahun

Bruce Nordstrom - dari nama raksasa ritel mendapatkan pekerjaan pertamanya di perusahaan keluarganya saat dia berusia sembilan tahun. Selama Perang Dunia II, miliarder ini bekerja di ruang stok ruang sepatu pengecer seharga 25 sen per jam, yang dikeluarkan ayahnya dari kantongnya sendiri.

Karier Nordstrom dengan perusahaan melejit dan dari 1963 sampai 2006, dia membantu peritel tersebut tumbuh dari tujuh toko sepatu di Pacific Northwest hingga 156 toko di 27 negara bagian dan rantai butik Eropa.

10. Richard Branson
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD5 miliar
Pekerjaan pertama: pemilik majalah, 1966
Gaji : N/A

Richard Branson tidak dikenal melakukan sesuatu dalam skala kecil, jadi mungkin tidak mengejutkan Anda untuk belajar pekerjaan pertamanya adalah mempublikasikan majalahnya sendiri.

Setelah putus sekolah di usia 16 tahun, dia memulai sebuah majalah budaya pemuda bernama Student, yang diperuntukkan bagi siswa dan dijalankan oleh siswa.

Edisi pertama terjual seharga USD8.000 periklanan, yang mencakup edisi pertama dari 50.000 eksemplar. Branson benar-benar memulai Virgin sebagai bisnis surat pesanan untuk membantu mendanai usaha majalahnya dan kemudian berkembang menjadi penjualan rekaman dan akhirnya menjadi sebuah label rekaman.

11. Jeff Bezos
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD72,8 miliar
Pekerjaan pertama: McDonald's fry cook, 1980-an
Gaji saat itu: USD2,69 per jam
Gaji hari ini: USD8 per jam

Pendiri Amazon Jeff Bezos telah datang jauh dari pekerjaan musim panasnya dengan membalikkan burger di McDonald's. Di situlah dia belajar bisnis.

"Minggu pertama saya di tempat kerja, dispenser ketchup berukuran 5 galon dan terpasang di dapur dan membuang jumlah kecap yang luar biasa ke setiap celah dapur yang sulit dijangkau," kata Bezos kepada Cody Teets.

"Karena saya adalah orang baru, mereka memberi saya solusi pembersihan dan berkata, 'Pergilah!'"

12. Warren Buffett
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD75,6 miliar
Pekerjaan pertama: Pengirim Koran, 1944
Gaji kemudian: USD175 per bulan
Gaji hari ini: USD2.433 per bulan

Warren Buffett adalah orang terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan bersih yang mengejutkan sebesar USD75,6 miliar. Dia memulai kariernya sebagai pengirim surat kabar untuk The Washington Post.

Buffett berhasil mendapatkan USD2.000 pada saat dia berusia 15 tahun dan menginvestasikan USD1.200 di sebuah lahan seluas 40 hektare, di mana dia mendapat kesepakatan pembagian keuntungan dengan petani tersebut.

Selama puluhan tahun berinvestasi, Buffett tidak pernah kehilangan kontak dengan akarnya. Di mana, pada 2012, dia menantang peserta dalam pertemuan tahunan Berkshire untuk mengikuti sebuah kontes surat kabar.

13. Mark Zuckerberg
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD56 miliar
Pekerjaan pertama: Software engineer, 2006
Gaji saat itu: USD0

Zuckerberg menolak tawaran pembelian senilai USD1 juta dari Microsoft dan membuat perangkat lunak open source.

Dia masih kuliah saat mendirikan Facebook, tapi dia sudah memiliki beberapa kesuksesan lainnya. Di SMA, Zuckerberg membuat perangkat lunak rekomendasi musik yang disebut Synapse, yang mirip dengan Pandora.

Pada 2002, beberapa perusahaan perangkat lunak, termasuk Microsoft dan AOL, menunjukkan minat untuk membeli Synapse dan menawarkan pekerjaan kepada Zuckerberg, namun dia memilih untuk mendaftar di Universitas Harvard, sebaliknya dan sisanya adalah sejarah. Lima tahun kemudian Microsoft membeli 1,6% saham Facebook seharga USD240 juta.

14. Mark Cuban

Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD3,4 miliar
Pekerjaan pertama: Penjualan door-to-door, 1970
Gaji : N/A

Tidak mengherankan jika Mark Cuban adalah pengusaha awal. Pada usia 12 tahun, menjual kantong sampah untuk membayar sepasang sepatu basekt yang mahal.

"Siapa yang akan mengatakan tidak pada anak berusia 12 tahun?" kata Cuban. Dia memuji pelajaran awal ini sebagai kunci kesuksesannya.

15. Elon Musk
Pekerjaan Awal 15 Miliarder di Dunia

Nilai bersih: USD13,9 miliar
Pekerjaan pertama: Software engineer, 1983
Gaji kemudian: USD500 harga jual untuk game komputer
Gaji hari ini: USD1.228

Pendiri Tesla selalu menjadi penggemar berat teknologi dan ruang. Ketika baru berusia 12 tahun, Musk menulis kode untuk video game bertema ruang angkasa yang disebut "Blastar," yang dijualnya ke majalah PC and Office Technology seharga USD500.

Baru-baru ini, seorang insinyur perangkat lunak dari Google mengambil kode dan membangun kembali permainan untuk dimainkan di mesin modern.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6751 seconds (0.1#10.140)