Bikin Paspor Indonesia Palsu, WNA China Ditangkap Imigrasi Cilacap

Rabu, 08 November 2023 - 10:05 WIB
loading...
Bikin Paspor Indonesia Palsu, WNA China Ditangkap Imigrasi Cilacap
Kanwil Kemenkumham Jateng mengamankan 1 Warga Negara China karena diduga memalsukan dokumen untuk membuat Paspor RI. Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
CILACAP - Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jateng mengamankan 1 Warga Negara China karena diduga memalsukan dokumen untuk membuat Paspor RI. WNA berinisial SL (41) dan diamankan oleh petugas Imigrasi di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Cilacap.

Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jateng, Is Edi Ekoputranto, menyampaikan alur kejadian dan modus operandi yang dilakukan oleh WNA asal China tersebut.“WNA ini melakukan percobaan pembuatan paspor di Kanim Cilacap,” kata Eko, Rabu (8/11/2023).

Pengungkapan kasus ini berawal dari kesigapan petugas Kanim Cilacap saat melakukan wawancara kepada mereka yang akan melakukan pengajuan pembuatan paspor RI pada Selasa (7/11/2023).



”Jadi waktu WNA tersebut mengajukan permohonan paspor, saat tahapan wawancara terhadap pemohon, berkat kejelian dan kerjasama, setelah dilakukan pendalaman ternyata ditemukan bahwa pemohon paspor tersebut adalah WNA,” ujarnya.

Selanjutnya petugas melakukan penggledahan, dan petugas mendapati paspor berkebangsaan China dan dokumen lainnya yang ingin digunakan dalam rangka mengajukan permohonan paspor.



Petugas juga menemukan dokumen berupa KTP elektronik Warga Negara Indonesia, Kartu Keluarga dengan data dan identitas orang lain.

”Dalam mengajukan permohonan paspor RI, WNA tersebut tidak memberikan data yang sah dan tidak benar untuk memperoleh dokumen perjalanan RI yang sah bagi dirinya sendiri atau orang lain,” terang Eko.

WNA tersebut diduga melanggar tindak pidana pelanggaran keimigrasian sebagaimana dimaksud dalam pasal 126 huruf C, UU No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara atau denda paling banyak Rp500 juta.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)