Tarik Wisman ke Danau Toba, Luhut Pantau Integrasi Pembangunan Sumut

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 23:00 WIB
Tarik Wisman ke Danau Toba, Luhut Pantau Integrasi Pembangunan Sumut
Tarik Wisman ke Danau Toba, Luhut Pantau Integrasi Pembangunan Sumut
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyambangi Kantor Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) di Medan. Dalam kedatangannya ini, Luhut memantau perkembangan pembangunan di Sumatra Utara secara terintegrasi, khususnya mengenai proyek jalan tol.

"Saya datang kemari bukan hanya untuk rapat otorita Danau Toba, tapi sekaligus mengenai pelabuhan di sini, kemudian industrial estat di sini, terus jalan itu terintegrasi. Karena Presiden akan meresmikan jalan tol tanggal 10 Oktober, yang sampai dekat Tebing Tinggi," katanya dalam rilis di Jakarta, Sabtu (7/10/2017).

Tidak hanya dari Medan sampai Tebing Tinggi, Luhut menjelaskan bahwa jalan tol akan terus dibangun sampai ke Parapat. Setelah jalan tol, pembangunan akan berlanjut pada fasilitas pariwisata sampai ke pelosok Sibisa.

"Kita berharap urusan tanah resor yang 605 hektare itu akan selesai tahun ini sehingga lima investor yang mau bisa membangun hotel dan convention center dan lapangan golf di Sibisa. Lapangan terbang Sibisa itu sekarang jalannya kita buat kira-kira hampir 60 meter (lebarnya) sampai ke resor, dari pinggir jalan besar itu. Semua masih jalan sesuai dengan rencana," imbuh dia.

Dalam paparannya, Luhut juga mengungkapkan rencananya untuk memanfaatkan pagelaran besar Annual Meeting IMF-WB 2018 di Bali, untuk menarik turis manca negara datang ke Danau Toba. Untuk memfasilitasi kedatangan kapal pesiar dari Bali, fasilitasnya sedang dipersiapkan di Balige, Toba Samosir.

"Kita akan tambah dua kapal pesiar dalam rangka Annual Meeting IMF-WB 2018, saat ini sudah mulai dikerjakan galangan kapalnya di Balige. Jadi kita berharap itu semua bisa selesai tahun depan," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1220 seconds (0.1#10.140)