Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata, Terbesar di Asia Tenggara dan 3 Dunia

Kamis, 09 November 2023 - 11:35 WIB
loading...
Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata, Terbesar di Asia Tenggara dan 3 Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung atau Floating Solar PV Cirata hari ini, Kamis (9/11/2023). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS ) Terapung atau Floating Solar PV Cirata hari ini, Kamis (9/11/2023). Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, hari ini merupakan hari yang bersejarah, lantaran mimpi besar Indonesia untuk membangun pembangkit energi baru terbarukan dalam skala besar akhirnya bisa terlaksana.

"Kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia tenggara dan nomor tiga di dunia," jelasnya.



Dikatakan Kepala Negara bahwa di Curata ini telah ada PLTA dengan kapasitas 1.000 MW, dan sekarang ditambah dengan PLTS terapung sebesar 192 megawatt peak (MWp). Menurutnya, apabila hal ini dimaksimalkan maka kedepan bisa menambah kurang lebih 1.000 MWp.

"Jadi nanti tenaga airnya bisa untuk energi hijau juga dan saya gembira dan bangga melihat PLTS terapung di Cirata ini telah selesai. Ini hasil kerja sama Kementerian ESDM, Kementerian BUMN bersama PLN dan kolaborasi dengan kekuatan dunia yaitu Masdar dari Uni Emirate Arab," pungkasnya.



Hadir mendampingi Jokowi dalam peresmian yaitu Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah dan beberapa stakeholder terkait.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)