alexa snippet

Lion Air Akan Order 1.000 Pesawat hingga Tahun 2031

Lion Air Akan Order 1.000 Pesawat hingga Tahun 2031
Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait. Foto/SINDOnews
A+ A-
BATAM - Maskapai penerbangan swasta nasional Lion Air Group terus mengepakkan sayap bisnisnya. Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait, mengatakan pihaknya akan terus melakukan order pesawat sebanyak 1.000 unit hingga tahun 2031. Hal ini demi memenuhi permintaan rute domestik dan internasional.

Edward menerangkan dalam perencanaan order 1.000 pesawat, yang saat ini sudah penandatanganan sebanyak 824 unit pesawat. "Kami sudah order 824 pesawat dari 1.000 yang kami rencanakan. Sampai sekarang, kami sudah terima 272 pesawat, jadi belum ada separuhnya," kata dia di Batam, Kamis(12/10/2017).

Pesawat yang sedang dipesan ini sedang dalam proses cicilan, dimana dananya berasal dari luar negeri. Kendati demikian, kata Edward, Lion Group merupakan jenis Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), dimana pemegang sahamnya benar-benar dari dalam negeri alias bukan asing.

"Pemegang saham kami tidak ada orang luar. Tapi uang yang kami kelola, 90% punya luar. Saat ini pesawat sedang dalam proses cicilan dan lainnya dari dana luar negeri, seperti Exim Amerika dan ADB Bank," terangnya.

Menurut Edward, banyaknya jumlah pesawat yang dipesan Lion Air untuk memenuhi kebutuhan penerbangan masyarakat Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki wilayah luas dan 17 ribu pulau. Dan tidak ada moda transportasi lain yang bisa menjangkau negara kepulauan selain pesawat.

"Negara kita tidak bisa bangun rel kereta api dari Sabang sampai Merauke. Tapi kalau bangun bandara, waktu satu atau dua tahun bisa jadi. Maka itu, kami sudah pikirkan ini sejak jauh dan proses delivery pesawat kami akan selesai tahun 2031," tegasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top