alexa snippet

Kopi Korintji Dibarter dengan Pesawat Sukhoi Rusia

Kopi Korintji Dibarter dengan Pesawat Sukhoi Rusia
Kelompok Tani Kopi Alam Arabika, Kerinci saat menemui Gubernur Jambi. Foto/Diddi Irawan
A+ A-
JAMBI - Pemerintah Indonesia dan Rusia menjalin kerja sama pembelian 11 unit pesawat Sukhoi SU-35. Pembelian ini cukup unik, yakni dengan cara sistem imbal dagang dengan sejumlah komoditas nasional.

Salah satu komoditi nasional yang ditawarkan yaitu Kopi Alam Korintji atau Kopi Kerinci. Komoditi andalan Provinsi Jambi dari Kabupaten Kerinci ini telah mendapat sertifikat indikasi geografis pada 26 April 2017. Kopi Kerinci akan diekspor ke negara Rusia.

Nama Kopi Arabika Sumatera Koerintji diberikan oleh Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Dengan adanya sertifikat itu, diharap mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani Kopi Kerinci.

Realisasi barter Kopi Korintji dengan pesawat Sukhoi diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU), antara BUMN Rusia, Rostec dan BUMN Indonesia, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Untuk memperlancar kerja sama antar dua negara ini, Perkumpulan Petani Kopi Alam Korintji membutuhkan surat izin dan rekomendasi Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Ketua Kelompok Tani Kopi Alam Arabika, Suryono minta pemerintah daerah mempermudah pengurusan administrasi ekspor Kopi Alam Korintji ke Rusia. Begitu pula dengan proses administrasi lainnya.

Menurut Suryono, dia telah dihubungi pihak PT PPI yang menyatakan memilih Kopi Alam Korintji (KAK) sebagai salah satu produk yang dijadikan imbal dagang dengan Rusia. "Imbal dagang ini bentuk dukungan terhadap Kelompok Tani Kopi Arabika Kerinci," kata dia, kemarin.

Ada 13 kelompok tani bernaung di bawah organisasi Kopi Alam Korintji (KAK) binaan Yayasan Lahar, yang didukung oleh WWF Indonesia dan MCAI. Petani kopi di Kerinci pun semakin semangat mengembangkan perkebunan kopi organik.
 
KAK yang beranggotakan petani kopi asal Kecamatan Kayu Aro, Kerinci sepakat tidak membuka lahan di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Seluruh anggota kelompok telah menandatangani fakta integritas.

Gubernur Jambi, Zumi Zola mendukung penuh dan siap membantu proses pembenahan administrasi Kopi Alam Korintji, untuk diekspor ke Rusia. Dia memerintahkan instansi terkait membantu perkumpulan petani kopi Kerinci mengurus administrasi ekspor kopi ke Rusia.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top